oleh

Alasan Kamar Penuh, Pasien Ditolak di RSUD Tangsel

Kabar6-Tak dilayani dengan baik, pasien Ranika Supardi (72) dibiarkan menunggu diluar ruangan tanpa perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan pada Minggu malam 4 April 2021.

Seorang keluarga dari Ranika Supardi, Nonon menerangkan, alasan dari pihak RSU menelantarkan pasien dikarenakan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang penuh.

“Kondisi pasien sudah sangat lemah saat itu dan butuh penanangan segera,” ujarnya kepada Kabar6.com, Senin (5/4/2021).

Sebelumnya, Nonon mengatakan, pasien sudah mengalami masalah saluran pencernaan selama 4 hari, lalu dirinya dan pihak keluarga sudah membawa pasien ke RIS Hospital pada siang hari, namun karena kurangnya peralatan maka RIS Hospital merujuk pasien ke RSUD Kota Tangsel.

Kemudian lanjutnya, dirinya bergegas menuju RSUD Tangsel. Akan tetapi, sesampainya di lobi IGD, saat hendak mendaftarkan pasien, pihak rumah sakit yang diwakili dokter jaga saat itu, langsung menolak pasien dengan alasan ruangan penuh dan alasan lain yang tidak masuk akal.

Selain itu, menurutnya, yang sangat disayangkan adalah perlakuan para tenaga medis yang mengabaikan kondisi pasien.

“Kita baru sampai di luar belum juga masuk, udah ditolak. Diperiksa juga belum tuh pasien, apa itu SOP yang ada di IGD RSUD Tangsel?. Ya, seharusnya kan diberi tindakan dulu, baru setelah itu ada penjelasan,” ungkapnya.

Nonon mengatakan, dirinya semakin kesal saat seorang dokter jaga yang bertanya balik kepada dirinya bagaimana cara memeriksa pasien.

“Ya saya bilang aja, lah situ kan dokternya, malah ke saya. Gimana si ini, seharusnya kan anda yang lebih paham,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama, keluarga pasien Firmansyah (38) mengaku sangat kecewa dengan sikap dan pelayanan dari pihak RSUD Tangsel yang sangat tidak profesional. “Yang namanya gawat darurat itu, ya ditangani dulu, bukan dibiarkan tanpa ada tindakan medis, ini sangat keterlaluan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang selatan, dr. Allin Hendarlin mengatakan, silahkan konfirmasi ke pihak RSUD Kota Tangsel untuk informasi lebih lanjut.

**Baca juga: Kerugian Kilang Minyak Balongan Terbakar, Ahok: Tanya Direksi.

“Konfirm ke RSU ya,” tutup dr. Allin kepada Kabar6.com.

Saat ini tim Kabar6.com sedang mencoba mengonfirmasi kejadian ini ke RSUD Kota Tangsel dan akan diinformasikan lebIh lanjut.(eka)

Berita Terbaru