oleh

Alasan Ilmiah Anda Susah ‘Move On’ dari Gebetan

Kabar6-Tidak semua kisah cinta berakhir manis bak kisah dalam dongeng. Tidak sedikit pula yang kandas, alias cinta bertepuk sebelah tangan. Nah bagi sebagian orang, melupakan mantan gebetan atau orang yang kita taksir, sering kali sulit dilakukan.

Bayangan mantan gebetan selalu menghantui. Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa sosoknya selalu hadir tiap kali? Rupanya, hal ini ada penjelasan secara ilmiah, lho.

Roy Baumeister dan Sara Wotman yang sempat mengajar di Case Western Reserve University, melansir Hitekno, menulis penelitian mengenai dampak cinta bertepuk sebelah tangan terhadap otak. Penelitian tersebut dipublikasikan pada 1993. Penelitian yang melibatkan laki-laki dan perempuan mengungkapkan, lebih dari 98 persen responden mengatakan bahwa setidaknya pernah sekali mengalami cinta tak berbalas selama hidupnya.

“Sebagian besar orang menganggap kepribadiannya jauh lebih menarik dari yang sebenarnya dilihat orang lain, bisa dibilang ketertarikan seseorang terhadap manusia lain sebetulnya sangat berbeda dari yang dipersepsikan orang yang jadi obyek ketertarikan,” terang Baumeister.

Sedangkan Tanisha M. Ranger, Psikolog di Henderson, Nevada menambahkan bahwa sifat manusia ada hubunganya dengan sedih saat ditinggal gebetan, pasalnya kita lebih mengingat hal-hal yang terjadi secara singkat.

Hal ini dinamakan efek Zeigarnik, bias kognitif yang sudah sering diteliti kalangan psikolog. Efek tersebut menggambarkan betapa orang cenderung lebih suka mengingat hal-hal yang belum selesai.

Efek tersebut akan dialami beberapa orang yang berurusan dengan calon pacar yang gagal didapatkan. Ditambah lagi saat menjalani masa PDKT, otak akan memiliki hubungan emosional yang mengubah reaksi kimia di otak. Masa-masa itu membuat serotine mulai mengalir ke saraf-saraf otak, lalu pikiran akan mengendalikan sisanya.

“Reaksi kimia di otak akan mengalami perubahan saat sedang menyukai sesuatu, meskipun durasinya sangat singkat dan reaksi itu akan memengaruhi perasaan apabila hubungan berakhir,” urai Ranger.

Jadi solusinya adalah saat mengalami hal sedih tersebut, hubungi orang-orang terdekat untuk membantu Anda move on dan melupakan gebetan. Seorang psikolog mengungkapkan, meski tak ada waktu yang jelas berapa lama orang bisa mengatasinya.

Namun beberapa ahli kesehatan mental mengajurkan mereka untuk lebih peduli pada diri sendiri dan mendapatkan dukungan dari orang terdekat untuk menerima orang baru. ** Baca juga: Vitamin yang Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

Sudah siap melupakan mantan gebetan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru