oleh

Alami Gangguan, Wanita Ini Tidak Berhenti Haid Selama 5 Tahun

Kabar6-Normalnya, wanita mengalami haid sekira 3-8 hari. Namun apa yang dialami Chloe Christos (27) sungguh berbeda. Bagaimana tidak, Chloe bisa mengalami haid selama 28 hingga 35 hari lamanya.

Bahkan, ia pernah tak berhenti haid selama lima tahun, hingga harus kehilangan setengah liter darah setiap empat hari sekali. Mengapa hal itu bisa terjadi? Melansir Dailymail, gangguan Haid yang dialami oleh Chloe sebenarnya sudah dialami sejak lama, waktu mendapatkan haid pertama kali yaitu di usia 14 tahun. Tepat saat berusia 19 tahun, haidnya benar-benar tak berhenti selama lima tahun berturut-turut. Namun wanita itu malu mengungkapkan kondisi yang membuatnya sering mengalami pingsan.

Hingga kondisi tersebut diketahui oleh orangtuanya, yang langsung membawa Chloe ke dokter. Hasil diagnosa mengungkapkan, Chloe terkena penyakit aneh dan langka yang dinamakan Von Willebrand, yakni gangguan pada darah yang membuat darah sulit mengalami pembekuan sehingga tak berhenti-henti keluar.

Peranan Von Willebrand ini sendiri sangat penting, sebagai protein yang berfungsi melakukan pembekuan darah serta trombosit pada dinding pembuluh darah agar membentuk sumbatan selama terjadi proses pembekuan darah dalam tubuh.

Menurut dokter yang pernah merawat Chloe, sangat jarang seseorang mengalami penyakit Von Willebrand, dan kelainan genetik ini biasanya diwariskan dari keturunan. Satu-satunya cara pengobatan efektif yang bisa dilakukan hanyalah menjalani prosedur histerektomi yakni langkah medis untuk pengangkatan rahim wanita.

Keluarga Chloe pun berusaha mencari pengobatan alternatif. Suatu hari mereka berkunjung ke pusat hemofilia. Ditempat tersebut, Chloe diberikan suatu resep obat yang biasa dikonsumsi oleh para penderita Hemofilia.

Beruntung setelah rutin mengonsumsi, obat tersebut benar-benar manjur menyembuhkan penyakit kelainan Von Willebrand yang diderita oleh Chloe, sehingga tidak pernah lagi mengalami gangguan haid berkepanjangan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru