Alami Gangguan Pencernaan, Hindari 10 Jenis Makanan Ini

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan bertugas menerima makanan, mencerna atau memecahnya menjadi nutrisi yang bisa diserap untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah.

Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas memisahkan dan membuang bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna seperti serat. Bagaimana mengatasi gangguan pencernaan? Salah satunya, melansir Webmd, adalah dengan menghindari 10 jenis makanan berikut:

1. Makanan yang digoreng
Mengonsumsi makanan yang digoreng (tinggi lemak) dapat memicu terjadinya diare. Berbagai makanan berlemak lainnya seperti saus, daging berlemak, dan mentega atau makanan penutup yang mengandung banyak krim juga dapat menyebabkan terjadinya diare. Untuk menghindari diare, pilihlah makanan yang dipanggang atau dibakar dengan saus ringan dari sayuran daripada mentega atau krim.

2. Buah jenis citrus
Buah golongan citrus mengandung banyak serat, maka buah ini dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan pada beberapa orang. Batasi konsumsi jeruk, anggur, dan buah golongan citrus lainnya jika saluran pencernaan sedang terasa tidak nyaman.

3. Pemanis buatan
Mengonsumsi terlalu banyak permen karet bebas gula yang mengandung sorbitol ternyata dapat menyebabkan terjadinya diare dank ram perut. Mengonsumsi sorbitol lebih dari 50 gram setiap harinya dapat menyebabkan gangguan pada usus anda. Hal ini karena tubuh Anda tidak dapat mencerna sorbitol.

4. Konsumsi terlalu banyak makanan berserat
Makanan yang mengandung banyak serat seperti gandum dan sayur-sayuran baik bagi pencernaan anda. Namun apabila Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan berserat, sistem pencernaan akan sulit beradaptasi dan menyebabkan perut terasa kembung dan sering buang angin.

5. Kacang-kacangan
Kandungan gula yang tidak dapat dicerna pada kacang-kacangan dapat menyebabkan perut terasa kembung dan kram. Karena tubuh tidak memiliki cukup banyak enzim untuk mencerna gula ini, maka bakteri di dalam usus Andalah yang harus mencerna gula ini. Proses pencernaan gula oleh bakteri ini menghasilkan gas yang dapat membuat perut terasa kembung.

6. Kol & sayuran sejenis
Kol, brokoli, dan berbagai sayuran lain yang sejenis juga mengandung gula yang tidak dapat dicerna seperti pada kacang yang membuat perut terasa kembung. Selain itu, tingginya serat pada sayuran ini juga membuat mereka lebih sulit dicerna jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Masaklah sayuran ini terlebih dahulu untuk mengurangi gangguan pada saluran pencernaan.

7. Makanan yang mengandung fruktosa
Makanan yang dimaniskan dengan menggunakan fruktosa seperti minuman bersoda, permen, jus buah, dan kue sulit dicerna oleh beberapa orang dan menyebabkan terjadinya diare, perut kembung, kram perut, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

8. Makanan pedas
Beberapa orang dapat mengalami gangguan pencernaan atau nyeri ulu hati setelah mengonsumsi makanan pedas, terutama bila mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin yang terdapat di dalam cabai dapat memicu terjadinya nyeri ulu hari.

9. Susu & produk olahannya
Jika mengalami diare, perut kembung, dan sering buang angin setelah mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya, maka Anda mungkin mengalami intoleransi laktosa.
Nah, intoleransi laktosa diakibatkan oleh kurangnya enzim laktase di dalam tubuh, yang diperlukan untuk mencerna laktosa (suatu jenis gula yang terdapat di dalam susu dan produk olahannya).

10. Pepermin
Pepermin dapat menyebabkan otot di bagian atas lambung berelaksasi sehingga membuat makanan di dalam lambung dapat kembali naik ke dalam kerongkongan (refluks) dan membuat dada terasa seperti terbakar atau panas. Hal lainnya yang juga dapat menyebabkan terjadinya refluks adalah cokelat dan kopi. ** Baca juga: Bisakah Turunkan Berat Badan Tanpa Mengubah Pola Makan?

Jadi hindari dulu makanan atau minuman tadi agar pencernaan tidak terganggu.(ilj/bbs)