oleh

Alamak! Hasil Penelitian Ungkapkan, Wanita Kritik Diri Sendiri 8 Kali Sehari

Kabar6-Seringkali kita mengkritik diri sendiri, entah itu dalam hal penampilan, prestasi, atau kebiasaan buruk yang secara tidak sadar dilakukan sehari-hari. Seberapa sering Anda mengkritik diri sendiri?

Sebuah penelitian yang dilakukan Weight Watchers di Inggris mengungkapkan fakta yang mencengangkan. Disebutkan, wanita mengkritik diri sendiri setidaknya delapan kali dalam sehari, dan sebanyak 40 persen peserta mengaku mulai mengkritik diri mereka sejak dini hari sebelum pukul 09.30. Hal yang lebih mengejutkan, penyebabnya adalah media sosial.

Penelitian yang melibatkan 2.000 peserta itu, melansir Intisari, mengatakan bahwa berat badan dan penampilan menjadi hal yang paling umum dikritik. Para wanita mengatakan, gambar di Instagram dan platform media sosial lainnya memicu ketidaknyamanan mereka. Hal ini diikuti oleh kurangnya kepercayaan diri, yang berpusat di keuangan, karier, dan hubungan pribadi.

Menurut penelitian, beberapa kritik lain yang paling umum dilontarkan wanita kepada diri mereka sendiri, di antaranya merasa perut terlihat besar, tidak dapat memakai pakaian tertentu, berharap bisa lebih fotogenik, merasa tidak trendi, merasa kurang kreatif dari wanita lain, tidak memakai make-up yang cukup, dan merasa tidak menarik untuk pasangan mereka.

“Saat ini berbagai macam polemik, membuat wanita lebih mengkritik diri sendiri terutama ketika menanggapi suatu pekerjaan,” kata Zoe Griffiths, Kepala Public Health and Programme at Weight Watchers.

Penelitian juga menunjukkan, mengkritik diri sendiri yang dilakukan oleh wanita sudah ada sejak bertahun-tahun, tetapi kondisi budaya modern meningkatkan intensitas ketidakramahan tersebut sulit dihindari.

Alasan wanita mengkritik diri sendiri karena ingin memperkuat hubungan mereka dengan diri sendiri, lebih percaya diri, dan positif. Sayangnya, menghindari media sosial bukan hal mudah.

Wise salah satu peneliti memberikan tip bagi wanita untuk menjadi kurator cerdas. “Kamu harus tahu siapa yang kamu ikuti secara online, sehingga kamu dapat menjadi orang yang benar-benar positif dengan mengikuti hal-hal positif. Memiliki kontrol atas perasaan kamu. Jangan membaca sesuatu yang akan membuat kamu merasa buruk tentang diri sendiri,” demikian saran Wise. ** Baca juga: Malas Bangun Pagi Tanda Orang Pintar?

Cintai diri sendiri dengan menerima kekurangan yang kita miliki.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru