oleh

Akupunktur Medik bisa Atasi Insomnia, Ini Saran dari dr.Yutanti Tan

Kabar6-Dokter spesialis akupunktur medik dr. Yutanti Tan, mengklaim,  akupunktur medik bisa mengatasi insomnia atau sulit tidur. Kondisi imsomnia jangan dibiarkan terlalu lama. Efeknya seseorang akan  mudah terserang virus  dan imun tubuh akan menurun.

Ditengah PPKM Darurat  karena wabah Virus Covid-19 masyarakat diminta untuk selalu menjaga kesehatan agar virus tidak dapat masuk ke tubuh. Lalu bagaimana jika seseorang mengalami insomnia?

Seperti diketahui insomnia adalah masalah sulit tidur dan sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan. Sebagian besar kasus insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis. Gejala mungkin termasuk kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur dan tidak merasa cukup beristirahat.

Penanganan insomnia, kata dr. Tan, begitu orang menyebutnya,  dapat dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan tidur, dan menjalankan kebiasaan  pola hidup sehat. “Obat tidur tidak menjadi solusi, karena ada efek samping jika terus menerus mengkonsumsi obat tidur, “jelasnya.

** Baca Juga: Tangan Dingin Yutanti Tan Sembuhkan Penderita Stroke Lewat Akupunktur Medis

Solusi untuk mengatasi ganguan seperti itu, menurut  dr. Tan bisa dengan terapi akupunktur. Menurutnya, stimulasi ke titik akupunktur akan dikirim ke tulang belakang, kemudian ke organ-organ sesuai segmen tulang belakang yang akhirnya dapat sampai ke otak.

“Akupunktur dapat mengaktivasi otak untuk dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas, seiring dengan meningkatnya hormon endorfin yang berperan dalam memberikan energi positif serta efek penenangan bagi tubuh,” jelas dr.Tan pada Kabar6, Selasa (13/07/2021).

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19  saat ini,  semua orang dituntut untuk tidur cukup, agar imun tubuh dalam kondisi prima, dan dianjurkan untuk orang dewasa  tidur  selama 7-8 jam sehari, untuk usia remaja 9-10 jam sehari.

Anjuran tidur cukup untuk orang dewasa kini sedang  “dikampanyekan”  para dokter di Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang virus, apalagi saat ini lagi musim panca robah. Banyak yang mengalami batuk, demam dan flu.

Disamping  itu juga, wanita yang hoby berpetualang ini, menyarankan  olahraga ringan, konsumsi makanan sehat, konsumsi buah-buahan, dan sebisa mungkin mengelola stres dengan baik.

“Selama saya membuka praktek, banyak pasien saya yang mengeluhkan imsomnia. Mata sulit terpejam meski sudah di kasur, tidur gelisah bangun tidur tidak fresh. Saran saya akupunktur  dengan durasi 20-30 menit bisa menjadi solusi,”ujar Alumni pendidikan akupunktur di RSUP Nasional dr. Cipto Mangunkusumo ini.

Terapi akupunktur dalam mengatasi imsomnia, kata dr.Tan, dapat dilakukan dalam frekuensi 2 kali seminggu. Setelah menjalani terapi  dan  mulai mendapatkan kualitas tidur yang baik,  cukup terapi seminggu sekali.

Akupresur di Rumah

Menurut dr.Tan,  metode  akupresur yang dapat dilakukan di rumah. Ada beberapa titik saraf akupresur yang membuat ngantuk penderita insomnia.

Metode akupresur yang dapat dilakukan di rumah(Foto/dr.Tan

Dalam istilah akupresur disebut HT 7= Shen men, titik ini  terletak di ujung lipatan telapak tangan sejajar dengan kelingking. Untuk menemukan titik ini, raba pergelangan tangan anda secara perlahan menggunakan ibu jari.Begiyu juga di titik  KI 6 Zhaohai = 1 cun yang posisinya ini di bawah mata kaki bagian tengah.

Titik San Yin Jiao,  terletak 3 cun (4 jari) di atas mata kaki bagian tengah. Titik ini bisa  merangsang perasaan ngantuk. Kemudian titik An Mian terletak di garis bawah dasar tengkorak, tepatnya di tengah  garis belakang telingah. ** Baca Juga: Ini Dia Sosok Yutanti Tan, Ahli Akupuntur Medis Beken di BSD

“Metode akupresur ini membantu tubuh rileks dan memperlancar peredaran darah, dan mengendurkan otot-otot sehingga tubuh kita siap tidur,”jelas Tan membagi tips.

Dr.Tan menuturkan, akupunktur kesejumlah titik di tubuh, pada beberapa penelitian kedokteran telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala imsomnia. Dari sisi efek samping, metode akupunktur diklaim aman.

Baginya, akupunktur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ataupun sedang mengalami sakit baik ringan maupun berat. Untuk melihat pasien-pasiennya bisa berkunjung ke IG medicalacupuncture atau pun FB akupunkturmedis dr. Yutanti Tan. ir

 

Berita Terbaru