oleh

Aksi Spontan Bupati Lebak Tangani Bencana Tuai Pujian

Kabar6-Aksi Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menangani bencana banjir bandang dan tanah longsor, di apresiasi oleh Rochman Setiawan, dari Bank Sampah Sungai Ciujung (Banksasuci).

Menurut pria yang biasa disapa Omen, meski Iti wanita, dia tak pernah terlihat lelah turun kelapangan untuk membantu dan memberikan semangat warganya.

“Kami melihat beberapa aksi dari Bupati Lebak yang terekam kamera, merupakan tindakan spontanitas dari seorang ibu atau pimpinan yang melihat anaknya sedang mengalami kesulitan dan kesusahan, dan itu kami nilai sangat bagus,” kata Omen, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Sabtu (01/02/2020).

Beberapa aksi ke lapangannya membantu para korban sempat viral di media sosial (medsos), seperti saat turun dari helikopter lalu memeluk warganya yang masih terisolir hingga menyalami setiap relawan yang memberikan bantuan kepada para korban.

Menurutnya, Iti sudah turun ke lokasi bencana sejak hari pertama bencana. Sehingga penanganan saat dan paska bencana bisa dilakukan dengan segera.

“Beberapa dari mereka menilai, jika aksi tersebut tanpa ada rekayasa terlebih dahulu serta murni keluar dari seorang pimpinan. Dimana seorang pemimpin dapat memposisikan diri ditengah tengah masyarakat,” terangnya.

**Baca juga: Kabupaten Lebak Usulkan Konsep Geopark ke Kementerian Maritim.

Bahkan di hari pertama bencana banjir bandang dan tanah longsor, saat lokasi bencana belum bisa dilalui kendaraan, Iti harus berjalan kaki hingga menaiki sepeda motor milik warga untuk menemui warganya.

“Iti juga tak canggung untuk menarik perahu karet yang ditumpangi oleh para pengungsi, selain itu Iti pun tak malu ketika diminta untuk menaiki motor milik warga, serta tak merasa takut menaiki getek atau rakit ditengah sungai yang airnya meluap,” jelasnya. (Dhi)

Berita Terbaru