oleh

Aksi Puluhan Siswa SDN Sukarame Pandeglang Bersih-Bersih Sampah di Pantai

Kabar6-Persoalan sampah tidak hanya terjadi di perkotaan, tetapi juga terjadi di beberapa daerah, termasuk pesisir pantai, akibat tidak ada kesadaran secara kolektif dari masyarakat.

Untuk memberikan kesadaran terhadap peserta didik, puluhan siswa dari SD Sukarame 2 di Kampung Sangiang, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang melakukan bersih – bersih sampah dibibir pantai Karoeng.

Aksi bersih-bersih tersebut sengaja dilakukan agar para siswa sadar akan kebersihan, pasalnya sampah plastik yang menjadi momok menakutkan. Karena sampah plastik tidak dapat terurai dalam jangka satu atau dua tahun melainkan puluhan tahun, baru dapat terurai.

Kepala SDN Sukarame 2, Endah mengatakan jika para siswa saat diajak untuk melakukan bersih-bersih pantai sangat antusias.

“Alhamdulilah, pagi pagi begitu masuk sudah bebersih,” kata Endah, Senin (18/11/2019).

Adapun jumlah yang ikut memunguti sampah sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas lima dan enam. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan selama satu minggu.

**Baca juga: Pengerjaan Empat Proyek di DPUPR Pandeglang Dinilai Lamban.

“Selain ini untuk mengganggu agar tidak terganggunya wisatawan. Ini juga sebagai, pembentukan karakter kepada siswa, agar memahami lingkungan dari bahaya pelastik dan menyelamtkan biota laut,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukan karena terinspirasi dari kota Bali. Pasalnya, ada penyelam yang mengorbankan waktunya hanya untuk memunguti sampah di dalam laut.

“Saya terinspirasi dari Bali, bahkan ada penyelam, yang sengaja menyelam untuk memungut sampah,” tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru