oleh

Akreditasi Anjlok, Kinerja Dindik Kabupaten Tangerang Buruk

Kabar6-Dewan Pendidikan Kabuapaten Tangerang, menilai kinerja Dinas Pendidikan (Dindik) setempat buruk. Pasalnya, nilai akreditasi di seluruh sekolah negeri tahun ini anjlok.

“Kinerjanya sangat jauh dari harapan. Bayangkan, semua sekolah negeri yang ada, tak satupun yang dapat nilai akreditasi memuaskan atau A,” ungkap Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang Eny Suhaeni, kepada wartawan, Minggu (30/12/2012).

Terkuaknya nilai akreditasi yang jeblok itu kata Eny, berdasarkan hasil hearing dirinya dengan badan akreditasi Provinsi Banten belum lama ini.

Seluruh sekolah negeri baik SD, SMP, maupun SMK/SMA yang ada diwilayah itu, tak ada yang masuk dalam kategori penilaian seperti, standar isi, proses, pembiayaan, tehnik, menajemen, mutu dan kelulusan.

“Dari sejumlah indikator itu, hanya pembiayaan yang dominan, sebab anggaran pendidikan sudah melampaui 20 persen sesuai anjuran nasional,” katanya.

Kondisi ini lanjutntnya, cukup memprihatinkan. Sebagai daerah penyanggah DKI Jakarta, seharusnya Kabupatan Tangerang bisa bersaing daerah lainnya di Banten ini.

“Saya berharap, Pemkab Tangerang melalui Dindik, agar segera merevitalisasi standar akreditasi sekolah negeri. Masak harus kalah dengan sekolah swasta,” ujarnya.

Senada dikemukakan, Memed Chumaedi, Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang, ukuran baik buruknya pengelolaan sekolah dilihat dari nilai akreditasinya.

“Dari visitasi assesor yang dilakukan di beberapa sekolah negeri maupun swasta akhir-akhir ini, menunjukkan hasil tidak maksimal. Ini mengindikasikan bahwa pengelolaan pendidikan di level tersebut carut marut,” tandasnya. (din)

Berita Terbaru