oleh

Akik Kalimaya, Rano: The Queen of Gems

Kabar6-Sebanyak 80 perajin batu akik dari Aceh hingga Garut berkumpul dalam pameran batu akik nusantara di Jalan Brigjen KH. Syam’un, Kantor Pendopo Lama Gubernur Banten, Sabtu (18/4/2015).

 

Dalam pameran tersebut, tentu saja yang menjadi “pemeran utamanya” adalah batu Akik Kalimaya, asal Banten. ** Baca juga: Disperindag Kabupaten Tangerang Belum Siap Awasi Minol

 

“Makanya batu (kalimaya) menjadi salah satu batu mulia terbaik di dunia hingga mendapat julukan ratunya batu permata (The Queen of Gems),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno.

 

Rano mengklaim bahwa, batu Aik Kalimaya khas Banten tersebut harganya setara dengan dua ribu kuda berkualitas baik.

 

“Ada pengunjung datang dari Australia, Jepang, Kuwait dan beberapa negara lainnya. Bahkan di Jepang dan Kuwait, batu Kalimaya telah dijadikan sebuah adat tahunanan dan resepsi pernikahan,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Rano juga mengingatkan agar penambang dan perajin batu akik yang terbuat dari mineral silika ini, tak boleh merusak alam dan lingkungan sekitar.

 

“Para penambang batu kalimaya agar tetap menjaga keseimbangan alam dengan tidak melakukan ekplorasi secara sembarangan dan berlebihan yang dapat merusak lingkungan,” tegasnya.

 

Dalam pameran batu akik Nusantara itu, juga dijabarkan tentang sejarah batu Kalimaya dan workshop bagaimana merawat akik bercita rasa tinggi tersebut.(tmn/din)

Berita Terbaru