oleh

Akali Hormon Rasa Lapar Agar Berat Badan Tetap Ideal

Kabar6-Hal yang dapat mengganggu diet Anda ternyata bisa disebabkan karena hormon rasa lapar. Hormon tersebut dapat menimbulkan rasa lapar dan akan membuat Anda merasa ingin mengonsumsi makanan.

Nah, apabila menginginkan berat badan yang ideal, melansir allwomenstalk, Anda dapat melakukannya dengan mengakali hormon rasa lapar Anda. Apa sajakah itu?

1. Tidur cukup
Tidur yang tidak cukup akan mengganggu hormon rasa lapar dan akan meningkatkan nafsu makan Anda. Disarankan untuk tidur sekira 7-9 jam untuk menjaga hormon rasa lapar Anda tetap stabil dan tubuh dapat berfungsi dengan baik.

2. Hindari konsumsi garam saat menstruasi
Saat Anda sedang dalam masa menstruasi pasti menginginkan untuk mengonsumsi makanan ringan yang banyak mengandung natrium.

Namun apabila Anda menuruti hal ini dapat mengganggu hormon rasa lapar. Anda dapat mengonsumsi seledri untuk menjaga hormon rasa lapar tetap stabil.

3. Konsumsi banyak karbohidrat kompleks
Dengan mengonsumsi banyak karbohidrat kompleks akan menjaga hormon rasa lapar Anda tetap stabil.

4. Hindari stres
Mungkin mudah untuk mengatakan agar Anda jangan stres. Namun stres dapat menyebabkan terjadinya peningkatan hormon kortisol yang berkaitan dengan berat badan. Tarik napas dalam dan cobalah untuk berpikir dengan tenang. Pola pikir positif akan membantu Anda mengurangi berat badan.

5. Lakukan olahraga dengan rutin
Ghrelin adalah hormon nafsu makan yang berada pada tingkat tertinggi ketika Anda belum makan dalam beberapa saat. Solusinya, lakukan olahraga selama 45 menit.

6. Makan camilan sehat
Untuk wanita, estrogen akan naik dan turun selama masa subur dan masa menstruasi. Pada saat ini, hormon rasa lapar Anda akan meningkat dengan tajam. Jadi ada baiknya Anda makan camilan sehat untuk mengakali hormon rasa lapar.

7. Rileksasi
Untuk menjaga hormon lapar tetap stabil, disarankan agar Anda melakukan rileksasi selama 10 menit. ** Baca juga: Bagaimana 3 Posisi Tidur Ini Berpengaruh Bagi Kesehatan?

Jangan biarkan hormon rasa lapar mengganggu diet Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru