oleh

Airin Temukan MCK Warga Keranggan Belum Bersih

Kabar6-Ketersediaan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) yang higienis atau bersih dan dimiliki warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih belum merata.

Kondisi ini dijanjikan akan dikejar oleh Walikota Airin Rachmi Diany, sehingga semua warganya telah punya fasilitas tersebut.

“Saya tadi sudah lihat beberapa MCK umum di Kranggan. Hasilnya perlu ada perbaikan karena ditemukan masih banyak yang kotor,” ungkap Airin di Kecamatan Setu, Jum’at (28/11/2014).

Meski sebagai tempat mandi umum, namun harus memenuhi standar kesehatan yang layak. Airin tidak ingin MCK umum di pemukiman warga kondisinya buruk dan malah menimbulkan penyakit.

Bagi warga yang belum punya MCK, lanjut Airin, Pemerintah Kota Tangsel menganggarkan dana untuk pembuatan MCK bagi masyarakat. Pembuatannya dilakukan secara bertahap dengan target sebelum 2017 warga punya kamar mandi sendiri.

Sedangkan untuk warga yang belum memperoleh MCK pribadi, ada juga yang untuk umum. Kedepannya setiap rumah harus memiliki tempat mandi sendiri, tidak di tempat umum lagi.

Pemkot Tangsel menargetkan pada 2016 seluruh rumah di Kota Tangsel memiliki Mandi Cuci Kakus (MCK) sendiri. Target ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2011-2016. **Baca juga: Rumah Mantan Kadinkes Tangsel di Delatinos BSD Digeledah.

Bila sudah target sudah terpenuhi bisa dikatakan masyarakat di Kota Tangsel masuk kategori masyarakat sejahtera. “Tiap rumah memiliki MCK sendiri kan bisa dikatakan, warganya sejahtera. Target ini yang sedang kita canangkan,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru