oleh

Airin: Satpol PP Perlu Miliki Pola Sikap dan Pola Tindak

Simulasi gesekan penertiban wilayah Alang-alang.(yud)

Kabar6-Keberadaan institusi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintah daerah.

Pada era keterbukaan informasi ini, masyarakat dapat de‎ngan mudah mengakses berbagi informasi serta dapat bandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah.

Demikian dikatakan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, mengutip sambutan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, dalam acara peringatan HUT Satpol PP Ke-66 di Lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Senin (18/4/2016).

“Apabila layanan yang diberikan tidak maksimal, maka secara real time dapat terpublikasikan melalui komunikasi sosial online,” katanya.

Airin menekankan, bahwa Satpol PP rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik. Hal itu karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sehingga, tidak mungkin wibawa pemerintahan akan tetap terbangun apabia aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten.‎ **Baca juga: Kajari Sebut Parkir Meter di Tangsel Rugikan Masyarakat.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 69 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 62 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pemerintahan Dalam Negeri di kabupaten/kota, telah diimplementasikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. **Baca juga: Polisi Sebut Ada Pihak Mengaku Keluarga Wanita Korban Mutilasi.

Airin sebutkan, sebagian besar daerah belum‎ dapat memenuhi target. Contohnya, pada pelaksanaan patroli yang harus dilaksanakan oleh Satpol PP belum optimal. Alasannya terkendala kebutuhan sarana dan prasarana. **Baca juga: Satpol PP Tangsel Pingsan di Upacara HUT Ke-66.

“Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat, maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang harus dimiliki oleh Polisi Pamong Praja,” terang Airin.(yud)

Berita Terbaru