oleh

Ahli Sebutkan Berapa Banyak Umur Bertambah Setelah Anda Hidup Sehat

Kabar6-Sudah banyak diketahui, menjalankan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan menerapkan pola makan sehat dalam keseharian, dapat membantu memperpanjang umur. Namun, berapa banyak umur yang bertambah?

Para ilmuwan melakukan berbagai penyelidikan untuk menjawab pertanyaan itu. Dalam sebuah studi pada 2018, melansir Time, sekelompok peneliti internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa mengadopsi lima kebiasaan sehat dapat memperpanjang harapan hidup hingga 14 tahun untuk wanita dan 12 tahun untuk pria.

Apa saja lima kebiasaan sehat yang dimaksud?
1. Konsumsi makanan tinggi dan rendah lemak dan penuh sayuran.
2. Berolahraga pada tingkat sedang hingga keras selama beberapa jam seminggu
3. Menjaga berat badan yang sehat
4. Tidak merokok
5. Mengonsumsi tidak lebih dari satu minuman beralkohol sehari untuk wanita dan dua untuk pria

Untuk menindaklanjuti data tersebut, para peneliti ingin tahu berapa tahun yang ditambahkan. Sekaligus meneliti jika responden bebas dari tiga penyakit kronis yang umum yaitu penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam di BMJ, mereka melaporkan bahwa gaya hidup sehat memang dapat berkontribusi pada lebih banyak tahun kehidupan yang lebih bebas penyakit.

Hasil penelitian menunjukkan, wanita dapat memperpanjang harapan hidup bebas penyakit mereka setelah usia 50 tahun sekira 10 tahun. Sementara pria dapat menambah sekira delapan tahun lebih banyak, daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan ini. ** Baca juga: Apa Beda Expired Date dan Best Before pada Kemasan Makanan?

Mulailah menerapkan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru