oleh

Ahli Mata Sarankan Aturan 20-20-20 untuk Anda yang ‘Tidak Bisa Hidup’ Tanpa Handphone

Kabar6-Selama di rumah saja, Anda mungkin memiliki banyak waktu untuk berseluncur di dunia maya, menonton film lewat handphone, atau sekadar berkirim pesan lewat whatsapp kepada teman atau saudara.

Hal yang harus diingat, kebiasaan bermain handphone seharian bisa mengganggu kesehatan mata. Namun apabila Anda termasuk orang yang ‘tidak bisa hidup’ tanpa handphone, ahli kesehatan menyarankan sebuah aturan agar mata tetap sehat.

Diketahui, terlalu lama menatap layar handphone bisa menyebabkan pusing, mata kering, hingga terganggunya penglihatan. “Ketika kamu fokus pada objek secara dekat, misalnya membaca untuk jangka waktu lama tanpa jeda, otot matamu mulai beradaptasi untuk jarak penglihatan itu,” kata Daniel Cornelius, ahli mata Australia.

Ditambahkan, “Ini akan menyebabkan tekanan pada otot hingga otot mengalami kejang dan kesulitan relaks. Ketika kamu mengalihkan pandangan, obyek dengan jarak yang lebih panjang mungkin terlihat lebih berbayang ketika berganti pandangan dari dekat ke jauh atau sebaliknya. Ini adalah indikasi pertama bahwa mekanisme fokusmu tidak bisa mengatasi tingkat kelelahan pada mata.”

Karena itu, melansir Wolipop, Cornelius menyarankan aturan dalam melihat gawai, yaitu duduk dan menjaraki pandangan antara mata ke layar paling tidak sepanjang lengan atas. Selain itu, untuk mengurangi ketegangan mata karena cahaya biru yang dikeluarkan gawai, disarankan untuk menerapkan aturan ’20-20-20′. Maksudnya, setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda ke objek yang paling tidak jauhnya 20 kaki (sekira enam meter), selama 20 detik.

Saran lain dari Cornelius terkait cara menghindari efek samping menatap layar terlalu lama adalah untuk menggunakan obat tetes mata ketika terasa kering dan tidak nyaman. ** Baca juga: Saat Berat Badan Turun, Tubuh Bagian Mana yang Kehilangan Lemak Lebih Dulu?

Kemudian, kurangi penggunaan smartphone atau laptop dua hingga tiga jam sebelum tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru