oleh

Agustus 2015, Ada Layanan Parkir Meter di Tangsel

Kabar6-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) coba menggulirkan layanan jasa parkir meter di luar gedung atau On Street.

Melalui peningkatan sistem pelayanan modern ini, diyakini potensi pendapatan asli daerah akan terdongkrak.

Sekretaris Dishubkominfo Kota Tangsel, Taryono mengatakan, model parkir meter merupakan pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT).

Alhasil, akuntabilitas layanan jasa ini cukup mumpuni untuk diterapjan karena lebih mudah dan transparan.

“Dengan parkir meter tidak mungkin bakal terjadi kebocoran perolehan pajak daerah. Insya Allah kita mulai awal Agustus 2015 mendatang,” ungkapnya kepada wartawan dalam acara Soft Launching Parkir Meter di Serpong, Minggu (14/6/2015).

Berdasarkan data yang tercatat di Dishubkominfo Kota Tangsel, terdapat 114 titik parkir dalam gedung (off street) bagi kendaraan roda dua dan empat. Sedangkan jumlah lokasi parkir on street ada 146 titik.

Taryono jelaskan, dari jumlah titik lokasi parkir on street adalah yang pihak pengelolanya telah resmi bekerjasama dengan Dishubkominfo.

Setiap bulannya, juru parkir secara rutin menyetorkan pajak perolehan kepada perangkat daerah terkait. **Baca juga: Surat Edaran Ramadan di Tangsel Tak Kenal Kompromi.

“Kedepannya kami akan kembangkan terus sesuai dengan potensi perolehan pajak parkir yang ada di Tangsel,” jelasnya. Taryono bilang, jika tak ada hambatan layanan parkir meter menambah titik lokasi parkir meter.

Diakuinya, esensi pajak parkir banyak mengalami kebocoran. Makanya pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan perolahan kas daerah lewat layanan parkir meter.

“Langkah pertama kami pasang mesin di samping Teras Kota ini,” bilangnya.(yud)

Berita Terbaru