oleh

Agathis Australis Jadi Pohon Terbesar Sekaligus Tertua di Dunia

Kabar6-Ada pohon yang terletak di Selandia Baru, dan disebut sebagai pohon terbesar dan tertua di dunia. Pohon bernama Agathis Australis ini masih satu famili dengan pohon damar yang banyak ditemukan di Indonesia, dan merupakan pohon raksasa dari zaman purba yang usianya bisa mencapai ribuan tahun. Dalam bahasa Maori, suku asli Selandia Baru, Agathis Australis dinamakan Kauri.

Dulu Agathis Australis tersebar luas selama periode Jurasik, namun saat ini hanya dapat ditemukan di Pulau Utara, Selandia Baru. Dilansir viva.co.id, meskipun usianya usianya mencapai 800 tahun, Kauri yang dinamakan The McKinney Kauri ini bukanlah pohon Kauri tertua.

Pohon Kauri paling tua di Selandia Baru sekaligus di dunia, dinamakan Tane Mahuta dan berada di Hutan Waipoua di Pulau Utara, salah satu hutan Kauri yang masih tersisa di Selandia Baru. Usia pasti Tane Mahuta tidak diketahui, namun diperkirakan berusia antara 1.250 hingga 2.500 tahun.

Dibutuhkan lebih dari delapan orang untuk mengelilingi pohon tersebut dengan merentangkan kedua tangan mereka. Dalam bahasa suku Maori, ‘Tane Mahuta’ berarti ‘Lord of the Forest’ atau ‘Raja Hutan’. Ini juga merupakan pohon paling terkenal di Selandia Baru. ** Baca juga: Ternyata Daging Manusia di Negara Ini Bisa Diperjualbelikan Secara Legal

Karena Tane Mahuta menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, pada 2013 lalu sebanyak 10 ribu liter air dari sungai terdekat dialirkan ke pohon ini. Hingga kini pohon Kauri adalah tanaman yang paling dilindungi di Selandia Baru.(ilj/bbs)

Berita Terbaru