oleh

Agar Tubuh Sehat & Bugar, Ada 3 Jenis Latihan yang Sebaiknya Jadi Rutinitas

Kabar6-Olahraga yang dilakukan secara rutin akan menjaga tubuh tetap sehat sekaligus bugar. Ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan setiap hari. Sayangnya, terkadang tubuh tidak bisa ‘menerima’ kegiatan fisik tersebut apabila dilakukan tiap hari, dengan alasan bosan dan melelahkan.

Nah, apa saja sih jenis-jenis latihan yang sebaiknya dilakukan setiap hari sebagai suatu rutinitas? Melansir doktersehat, berikut tiga jenis latihan yang dimaksud:

1. Kardio
Ada banyak latihan kardio, antara lain berenang, lari, jalan kaki, bersepeda, senam, dan lain sebagainya. Kardio bisa dilakukan oleh semua orang baik tua maupun muda, pria maupun wanita.

Tidak hanya mampu menurunkan berat badan, kardio juga baik untuk kesehatan jantung. Jadi lakukanlah latihan ini minimal tiga kali dalam seminggu dengan intensitas waktu latihan sekira 30-45 menit.

2. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan berfungsi untuk membangun dan mengencangkan otot yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak perlu latihan kekuatan di pusat kebugaran, cukup lakukan latihan ini di rumah seperti sit-up, pull-up, push-up, squat jump, plank, dan lain sebagainya.

3. Latihan kelenturan
Olahraga tidak hanya dilakukan untuk membentuk tubuh dan otot saja, melainkan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih lentur. Hal ini dikarenakan tubuh lentur mampu melindungi tubuh agar tidak mudah cedera. Karena itulah penting bagi kita untuk memasukkan latihan kelenturan ke dalam rutintas olahraga setiap hari. ** Baca juga: Ada Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Perubahan Suara

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru