Agar Tidak Makin Parah, Hindari Beberapa Makanan Saat Diare

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya feses/kotoran yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) lebih sering dibandingkan dengan normal. Umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit.

Ketika seseorang mengalami diare, disarankan lebih banyak minum air putih untuk menghindari tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu juga menghindari jenis makanan tertentu agar diare tidak semakin parah. Dikutip dari berbagai sumber, ada lima jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda terserang diare:

1. Produk susu
Mengonsumsi segala jenis produk susu dapat memicu diare menjadi semakin buruk. Hal ini karena susu olahan lebih sulit dicerna. Peran laktosa yang ada pada susu juga menjadi alasan untuk menjauhi produk ini. Laktosa menjadi penyebab paling umum seseorang mengalami diare kronis.

2. Makanan tinggi serat
Saat diare, makanan yang mengandung serat tinggi juga tidak mudah untuk dicerna. Meskipun makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayur sangat dianjurkan untuk tubuh, saat diare ada baiknya dibatasi dulu, bahkan tidak mengonsumsi makanan tinggi serat untuk sementara waktu.

3. Lemak & minyak
Hindari makanan yang digoreng, berminyak, dan berlemak. Pasalnya, seluruh jenis makanan ini dapat membuat otot menjadi lebih tegang dan membuat diare semakin parah. Selain itu, makanan yang berlemak dan tinggi minyak pun dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Hal ini membuat seseorang cenderung merasa lebih kembung.

4. Kafein & alkohol
Konsumsi kafein ternyata dapat merangsang saluran pencernaan dan membuat diare semakin parah. Meski bukan satu-satunya, minuman sumber kafein yang cukup populer adalah kopi. Nah, sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi kopi selama Anda diare.

Selain itu, jauhi pula minuman beralkohol tinggi, karena memiliki efek yang tidak berbeda dengan kafein, dan dapat membuat gangguan pencernaan menjadi lebih terganggu.

5. Makanan pedas
Zat capsaicin dalam cabai dapat mengiritasi lambung dan usus. Hal inilah yang kemudian menjadi pemicu terjadinya diare, karena makanan akan ‘dipaksa’ untuk melewati saluran penceraan dengan cepat. ** Baca juga: Cara Alami, Jenis Makanan yang Bantu Wajah Bebas Jerawat

Setelah diare pun Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Jenis makanan ini dapat membuat diare menjadi lebih buruk dan sulit untuk disembuhkan.(ilj/bbs)