Home / Aneka Berita / Sehat / Agar Rambut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini
Ilustrasi/bbs

Agar Rambut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini

Kabar6-Banyak hal yang menyebabkan kesehatan rambut terganggu, sehingga menyebabkan kerontokan, bercabang, kusam, atau berketombe. Paparan debu, polusi, sinar ultraviolet, serta penggunaan produk berbahan kimia inilah yang seringkali membuat rambut kehilangan kekuatan.

Untuk menghindari dampak negatif ini, melansir Cosmopolitan, dibutuhkan nutrisi yang bisa didapat dari sejumlah makanan sehat. Makanan apa saja yang dimaksud?

1. Sayuran hijau
Kelompok makanan superfood ini kaya akan vitamin A dan C, zat besi, selenium, serta asam omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Seluruh kandungan tersebut berperan penting menstimulasi produksi sebum yang bekerja melembapkan rambut secara alami, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhannya.

2. Kacang-kacangan
Di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan mineral, zat besi, dan zinc yang terbukti mampu memperbaiki tekstur rambut secara efektif.

3. Buah citrus
Buah citrus memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk, sehingga akan lebih optimal dalam meningkatkan kekuatan rambut. Selain buah citrus, asupan vitamin C yang tinggi juga bisa didapat dari jambu dan tangerine.

4. Greek yoghurt
Selain mengonsumsinya secara rutin, greek yoghurt juga bisa digunakan sebagai masker rambut.

5. Telur
Rambut terbuat dari komponen protein keratin. Namun intensitas kekuatannya mengalami penurunan saat rambut terpapar oleh sinar ultraviolet, polusi, debu, dan bahan kimia. Telur kaya akan kandungan biotin dan sulfur yang dapat membantu memproduksi protein keratin agar rambut terhindar dari masalah kerontokan, bercabang, dan kusam.

6. Salmon
Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega 3 dan vitamin D terbaik. Selain memberikan nutrisi untuk kelembapan dan kekuatan rambut, kandungan tersebut juga sangat diperlukan oleh kulit kepala untuk menjaga produksi minyak alami.

7. Alpukat
Buah alpukat kaya akan vitamin B dan E yang menyehatkan kulit kepala sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut. Salah satu jenis superfood ini juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, untuk membantu melembapkan kulit kepala dan folikel rambut secara alami. ** Baca juga: Musim Penghujan, Ada 5 Penyakit yang Sering Mengintai

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...