oleh

Agar Perawat Fokus Bantu Pasien COVID-19, Rumah Sakit di Irlandia Gunakan Robot untuk Urusan Administrasi

Kabar6-Agar pekerjaan para tenaga medis lebih efektif, rumah sakit di Irlandia menggunakan robot sehingga kini para perawat dapat lebih fokus untuk membantu penyembuhan pasien COVID-19.

Mater Misericordiae University Hospital yang terletak di Dublin, Irlandia, saat ini telah memiliki robot perangkat lunak yang dapat memproses dengan cepat tugas-tugas administrasi dan berbasis komputer yang biasanya harus dilakukan oleh perawat.

Dengan hadirnya robot perangkat lunak ini, melansir Dailymail, perawat tidak perlu lagi disibukkan dengan urusan administrasi dan diharapkan bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk membantu pasien COVID-19 yang kritis. Diketahui, robot perangkat lunak itu merupakan hasil pengembangan perusahaan perangkat lunak bernama UiPath.

Perusahaan tersebut mengembangkan sistem yang akan mempercepat proses dalam sistem perawatan kesehatan, yang diharapkan dengan membuat komputer dapat melakukan tugasnya sendiri, perawat bisa menghabiskan hingga 50 persen waktunya bersama pasien.

Teknologi canggih itu juga berfungsi untuk mempercepat proses analisis dan hasil tes COVID-19 kepada pasien serta organisasi di seluruh dunia, sehingga penanganan COVID-19 menjadi lebih cepat.

Dikatakan asisten direktur keperawatan, pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit bernama Jincy Jerry, sebagian besar perawat menghabiskan hampir 30 persen waktunya setiap hari untuk melakukan tugas administrasi.

Itulah mengapa selama beberapa bulan terakhir ini dirinya berusaha mencari cara agar bisa membuat robot yang dapat membantu pekerjaan tersebut.

“Dengan pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung sekarang, sangat penting bahwa semua staf garis depan dibebaskan sebanyak mungkin untuk menghabiskan waktu dengan pasien dan menangani wabah ini, daripada berada di depan komputer,” jelas Jerry. ** Baca juga: Kasihan, 11 Pria di Thailand Nikahi Wanita yang Sama

Robot tersebut juga bisa didesain untuk mendisinfeksi permukaan, mengukur suhu, dan mengumpulkan hasil swab. Bukan tidak mungkin robot-robot nantinya dapat menggantikan pekerjaan membosankan, kotor, dan berbahaya yang dilakukan oleh manusia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru