oleh

Agar Nutrisi Dapat Diserap Maksimal, Ketahui Cara Mengolah Singkong yang Tepat

Kabar6-Singkong dikenal sebagai makanan sehat karena sejumlah manfaat yang didapat dari kandungan nutrisinya. Meskipun demikian, apabila diolah secara tidak benar, makanan yang satu ini berpotensi membahayakan kesehatan.

Menurut juru bicara nasional untuk Akademi Nutrisi dan Diet bernama Angela Lemond, melansir tempo.co, singkong adalah sumber serat, vitamin C, dan beberapa vitamin B yang baik, seperti niasin, riboflavin, dan thiamin. “Seperti sayuran umbi lainnya, singkong mengandung pati resisten tinggi yang membantu mendorong bakteri baik di usus dan menjaga kadar gula darah,” terang Lemond.

Pengolahan singkong antara lain dapat dilakukan dengan cara merebus, membakar, menggoreng, dan sebagainya. Menurut Lemond, merebus singkong membantu mempertahankan khasiat bergizi akar, sementara pengolahan berlebihan pada sayuran (seperti saat membuat tapioka) dapat menguras sebagian nutrisinya.

Baru-baru ini, produk sampingan singkong seperti tepung garut dan tepung tapioka, semakin populer sebagai alternatif tepung bebas gluten yang baik untuk dipanggang karena rasanya yang ringan. Selain tepung, Anda juga bisa menemukan produk singkong enak lainnya di pasaran.

Meskipun adalah bahan yang aman untuk dimakan saat dimasak, singkong mengandung bahan kimia berbahaya sianida jika mentah atau tidak dimasak dengan benar. Jadi, jangan pernah mengonsumsi singkong mentah.

“Untuk mengonsumsi singkong dengan aman, Anda harus selalu memasaknya dengan baik, membuang kulitnya, dan tidak menggunakan kembali air rebusannya,” jelas Lemond. ** Baca juga: Metabolisme Tubuh Dapat Terganggu Karena 4 Hal Ini

Jika dimasak dengan benar, singkong merupakan sumber energi yang besar dan aman dikonsumsi dalam jumlah sedang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru