oleh

Agar Mulut Tidak Bau, Hindari Konsumsi 4 Makanan Ini Saat Sahur

Kabar6-Lambung yang tidak terisi oleh makanan dalam waktu lama dapat menyebabkan bau mulut. Namun selain hal tadi, bau mulut ternyata juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut, sebaiknya dihindari ketika Anda sahur, agar tidak memicu bau mulut. Melansir beberapa sumber, berikut empat makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Daging dan ikan
Protein daging dan ikan dipecah asam serta bakteri di dalam perut menjadi asam amino. Nah, amonia diproduksi sebagai zat sampingan dari proses tersebut, dan ini memiliki bau tajam serta menyengat.

Amonia diserap lalu diangkut melalui aliran darah, mencapai paru-paru, kemudian mengeluarkan bau melalui mulut. Ikan khususnya dapat menyebabkan bau yang tertinggal di mulut, kecuali jika dimasak dengan rempah-rempah yang membantu mengurangi baunya sampai taraf tertentu.

2. Bawang bombai
Bawang bombai dan bawang putih termasuk keluarga tanaman berbunga yang dikenal sebagai allium. Seperti bawang putih, bawang bombai juga mengandung senyawa sulfur dalam jumlah tinggi.

Hal ini menyebabkan bau mulut bagi mereka yang mengonsumsi bawang merah mentah. Saat dimasak, aroma dan rasa bawang yang kuat dapat dikurangi dengan merendamnya dalam air dan dengan menggunakan bumbu dan cuka.

3. Bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa sulfur dalam jumlah tinggi, dan ini memiliki bau menyengat. Mengunyah bawang putih menyebabkan bau yang bisa bertahan lama di mulut. ** Baca juga: Masyarakat Amerika Sebut Masker Sebabkan Napas Bau

Menelan bawang putih atau bawang putih di dalam makanan memperpanjang bau mulut yang berasal dari perut. Sesuai penelitian, konsumsi bawang putih menyebabkan produksi senyawa belerang yang disebut alil metil sulfida, ini tidak bisa dimetabolisme oleh perut.

4. Makanan dan minuman yang mengandung susu
Konsumsi susu dan keju diketahui dapat menyebabkan bau mulut. Ini karena asam amino dalam produk susu dipecah oleh bakteri yang ada di gusi, lalu mengarah pada produksi senyawa belerang yang memiliki bau busuk.

Untuk sementara waktu hindari dulu keempat jenis makanan tadi saat sahur agar mulut dan napas Anda terasa lebih segar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru