oleh

Agar Hemat, Restoran di Belgia Ini Sediakan Minum Hasil dari Daur Ulang Air Toilet

Kabar6-Air, terutama air bersih, merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Fungsi utama air yang sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum karena untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Meskipun sumber daya air mungkin cukup banyak tersedia di sekitar kita, persediaan air bersih belum tentu seimbang dengan jumlah air secara keseluruhan tersebut. Karena itulah, salah satu langkah agar persediaan air bersih senantiasa cukup, adalah dengan menghemat penggunaan air.

Beberapa negara memiliki cara berbeda dalam upaya penghematan air. Di Jepang, wastafel yang biasa digunakan cuci tangan disatukan dengan kakus, agar air yang sudah digunakan cuci tangan dapat sekalian digunakan untuk menyiram kakus.

Namun di Belgia, cara yang dilakukan untuk menghemat air tampaknya beda dari negara lain. Salah satunya diterapkan sebuah restoran bernama Gust’eaux yang terletak di Kuurne, Belgia.

Restoran ini, melansir Odditycentral, menyediakan air minum hasil daur ulang air toilet yang diperuntukkan bagi para pengunjung secara gratis. Meski diambil dari air toilet, air mineral yang disediakan oleh restoran Gust’eaux ini benar-benar tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak memiliki rasa. Jadi seperti air mineral pada umumnya.

Restoran ini menggunakan sistem penyaringan yang beroperasi dalam lima tahap, sehingga menghasilkan air yang sangat bersih. Sistem penyaringan yang dilakukan cukup unik. Air toilet di restoran ini disaring dengan menggunakan tanaman. Setelah itu, air digabungkan dengan air hujan yang mereka tampung.

Selanjutnya, air akan disalurkan lagi dan melalui beberapa tahap penyaringan sebelum bisa diminum oleh para pengunjung. Air daur ulang yang digunakan di restoran ini diberdayakan untuk beberapa fungsi, misalnya untuk air minum yang disediakan secara gratis, es batu untuk minuman, dan untuk menyuling bir. ** Baca juga: Kejam! Tempurung Kura-kura di Kebun Binatang Ini Ditempel Keranjang untuk Tempat Koin

Disebutkan, sistem penyaringan yang diinstalasi di Gust’eaux mungkin bisa digunakan sebagai referensi bagi beberapa pihak-pihak tertentu untuk turut mengampanyekan penghematan penggunaan air bersih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru