Agar Hasilnya Maksimal, Hindari Konsumsi 3 Makanan Ini Sebelum Olahraga

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Masih banyak pro dan kontra perihal makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum berolahraga. Seorang ahli nutrisi, Brandon Mentore, dan atlet bernama Nikki Walters, mengumpulkan tujuh makanan yang pantang dikonsumsi sebelum berolahraga. Apa saja sih makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga? Dilansir Dailymail, berikut adalah makanan yang dimaksud:

1. Sayuran
Menurut Brandon, makanan berserat tinggi seperti sayuran dapat menghalangi kesuksesan berolahraga. Meskipun dianggap sebagai alternatif makanan sehat dibanding makanan berlemak, serat memicu sistem pencernaan secara cepat.

“Makanan berserat tinggi lebih menuntut dan membutuhkan kapasitas pencernaan yang sebagai kompensasinya membutuhkan sirkulasi darah ke saluran GI dan organ dalam yang menghalangi performa olahraga,” kata Brandon.

Jika tetap ingin mengonsumsi makanan berserat tinggi, Brandon menyarankan untuk menyantap makanan berserat yang tidak menuntut pencernaan bekerja keras seperti buah apel, pir, persik, atau plum.

2. Telur ceplok & hamburger
Makanan berlemak seperti hamburger dan telur ceplok sangat lambat dicerna sehingga itu akan mengambil energi yang seharusnya digunakan untuk berolahraga. “Kapasitas pencernaan tergantung pada seseorang tetapi dalam kurun waktu tertentu di saat seseorang sedang mencerna makanan dalam jumlah yang cukup besar, aliran darah akan terhambat. Performa olah kebugaran tubuh pun menjadi tidak maksimal,” urai Brandon. Sementara Nikki menambahkan, karena lambat dicerna, makanan pun tersimpan dalam tubuh sebagai lemak, bukan energi.

3. Minuman manis
Selain makanan, minuman ringan yang mengandung gula, pemanis atau sirup jagung sebaiknya dihindari. Menurut Brandon, minuman bergula dapat menyebabkan benturan dalam gula darah saat berolahraga. Mereka yang minum soda sebelum berolahraga memiliki peluang lebih besar untuk merasa gemetar, kegelisahan, lelah, dan pusing saat berolahraga. ** Baca juga: Tinggalkan 3 Kebiasaan Makan yang Ternyata Tidak Sehat

“Semakin tinggi intensitas atau lama durasi olahraga, kebiasaan minuman bergula sebelum berolahraga ini akan menimbulkan masalah. Kadar gula dalam darah akan jungkir balik alias tidak stabil.” (ilj/bbs)