oleh

Agar Dapat Donor Ginjal, Seorang Napi di Texas Minta Eksekusi Matinya Ditunda

Kabar6-Ramiro Gonzales, seorang napi di Texas, Amerika Serikat (AS), memohon agar eksekusi mati yang akan dijalaninya beberapa hari lagi ditunda, agar pria itu dapat menyumbangkan ginjal miliknya.

Gonzales, melansir Foxnews, dijadwalkan akan disuntik mati pada 13 Juli karena menembak mati gadis 18 tahun, Bridget Townsend, yang mayatnya ditemukan hampir dua tahun setelah dia menghilang pada 2001. Dalam surat yang dikirim pengacara Gonzales, Thea Posel dan Raoul Schonemann, tertulis permintaan kepada Gubernur Texas, Greg Abbott, untuk memberikan penangguhan hukuman mati 30 hari, sehingga Gonzales bisa mendonorkan ginjalnya kepada orang yang membutuhkan cangkok ginjal segera.

Pengacara tersebut juga mengajukan permintaan terpisah kepada Dewan Pengampunan dan Pembebasan Bersyarat Texas, meminta penangguhan eksekusi mati selama 180 hari terkait dengan donor ginjal tersebut.

Dalam permintaannya ke Gubernur Texas, pengacara tersebut mencantumkan surat dari seorang pendeta Yahudi, Cantor Michael Zoosman, yang telah berkorespondensi dengan Gonzales. ** Baca juga: Miliarder Cuban Asal AS Beli Kota yang hanya Dihuni 23 Warga dan Buaya

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa keinginan Ramiro untuk menjadi donor ginjal altruistik tidak dimotivasi oleh upaya menghentikan atau menunda eksekusinya dalam menit-menit terakhir. Sumpah mati saya percaya dalam hati saya bahwa ini adalah sesuatu yang Ramiro ingin lakukan untuk membantu agar jiwanya benar-benar bersama Tuhannya,” demikian tulis Zoosman.(ilj/bbs)