oleh

Adakah Kaitan Antara Makanan yang Dikonsumsi dengan Mood Anda?

Kabar6-Laporan terbaru yang dipublikasikan pada Nutritional Neuroscience melihat kaitan antara makanan yang dikonsumsi dengan mood kita. Hasilnya, mengonsumsi daging bisa meningkatkan mood pada orang dewasa.

Mengapa demikian? Dilansir nypost, daging mengandung senyawa yang meningkatkan produksi dopamin yang biasa disebut ‘hormon bahagia’, yang mampu memperbaiki mood.

“Dewasa muda yang mengonsumsi daging kurang dari tiga kali dalam seminggu dan jarang olahraga, menunjukkan adanya tekanan mental yang signifikan,” kata Lina Begdache, asisten profesor kesehatan di Binghamton University. Ini berarti kita harus mengonsumsi lebih banyak daging agar stres berkurang.

Meskipun demikian, Begdache mengatakan bahwa para vegetarian tidak perlu khawatir. Olahraga rutin bisa memberikan efek yang sama bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging.

Sementara itu, untuk orang-orang berusia di atas 30 tahun, memiliki rekomendasi yang sedikit berbeda. Mood mereka bisa menjadi lebih baik dari makanan yang kaya anti oksidan seperti buah-buahan, sebab membantu melawan radikal bebas yang berproduksi semakin banyak saat kita semakin beranjak tua. ** Baca juga: Apakah Mandi Saat Sedang Demam Diperbolehkan?

Selain itu, cara untuk meningkatkan mood adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat simple dan kopi. “Semakin bertambahnya usia, kemampuan kita untuk mengatur stres berkurang. Jadi, jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang mengaktifkan respons stres (seperti karbohidrat dan kopi), maka tekanan hidup semakin terasa,” kata Begdache.(ilj/bbs)

Berita Terbaru