oleh

Ada Tujuh Manfaat Olahraga untuk Psikologis Wanita

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sekaligus kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Namun selain itu, olahraga diketahui memiliki manfaat psikologi untuk wanita. Apa sajakah itu? Dikutip dari TabloidNova, berikut uraiannya:

1. Mengontrol berat badan
Latihan dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau menjaga berat badan. Semakin intens berolahraga, semakin banyak pula kalori yang dibakar.

2. Memerangi penyakit
Olahraga teratur membantu mencegah atau mengelola berbagai masalah kesehatan seperti stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, dan kanker.

3. Meningkatkan suasana hati
Sebuah sesi olahraga atau jalan cepat selama 30 menit dapat membantu mengeluarkan emosi yang telah terpendam selama beberapa hari. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Selain itu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri.

4. Meningkatkan energi
Latihan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu kerja sistem kardiovaskular lebih efisien. Anda pun memiliki lebih banyak energi untuk beraktivitas sehari-hari.

5. Tidur lebih baik
Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu tidur lebih cepat dan berkualitas. Tapi ingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

6. Menghangatkan seks
Rutin berolahraga dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Sementara pada pria, dapat mengatasi masalah disfungsi ereksi. ** Baca juga: Apa Itu Clean Eating?

7. Hubungan sosial
Olahraga dan aktivitas fisik outdoor yang menyenangkan dapat membuat tubuh lebih santai, menikmati alam bebas, dan membahagiakan. Aktivitas fisik juga dapat membantu hubungan keluarga dan teman-teman dalam lingkungan sosial yang menyenangkan.

Yuk, berolahraga secara rutin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru