oleh

Ada Sepeda Motor ‘Jaga Jarak Sosial’ di India

Kabar6-Seorang pria putus sekolah asal India bernama Partha Saha (39) berhasil membuat sebuah motor yang menjunjung tinggi pedoman social distancing. Saha, menciptakan sebuah motor yang punya jarak satu meter antara pengemudi dan penumpangnya.

Untuk membuat sepeda motor ‘jaga jarak sosial’ ini, melansir gulfnews, Saha membeli sebuah motor tua dan melepaskan serta memotong mesinnya menjadi dua, sebelum memasang sebatang tongkat yang sedikit lebih panjang dari satu meter untuk menghubungkan di antara rodanya.

“Kini aku bisa mengendarai motor dengan putriku yang berusia delapan tahun sambil mengikuti pedoman jarak sosial yang aman,” ujar Saha.

Diketahui, pemerintah India telah memberlakukan lockdown nasional dan mendesak warga untuk mempraktikkan jarak sosial demi menghentikan penyebaran COVID-19.

Saha menggunakan sedikit tabungannya untuk membuat kendaraan, yang rencananya akan digunakan untuk mengantar putrinya pergi dan pulang sekolah begitu aturan pembatasan dicabut.

“Aku tidak ingin dia naik bus sekolah karena akan ramai,” kata pria yang bekerja di bengkel perbaikan televisi itu. ** Baca juga: Gara-gara Kalah ‘Suit’ Batu-Kertas-Gunting, Pria Kanada Ini Nyaris Tekor Rp5 Miliar

Motor baru milik Saha berjalan dengan daya baterai dan memiliki kecepatan tertinggi 40 kilometer per jam. “Dibutuhkan tiga jam untuk mengisi baterai, yang memungkinkan sepeda untuk menempuh 80 kilometer,” jelasnya.

Untuk satu kali pengisian, bBiaya yang dibutuhkan sebesar 10 rupee India. Saha juga telah mencoba sepeda motor buatannya itu di jalan, dan membuat orang yang melihatnya terpana. Bahkan, Saha bahkan mendapat pujian dari Biplab Kumar Deb, Kepala kementerian Tripura.

Dalam akun Twitter miiknya, Deb mencuit, “Keterpaksaan adalah induk dari penemuan! Saya ucapkan selamat kepada Partha Saha yang telah membuat motor unik untuk menciptakan kesadaran selama wabah virus corona.”

Benar-benar kreatif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru