oleh

Ada Ruang Isolasi Covid-19 di Kapal Ferry Merak-Bakauheni

Kabar6-Ruang isolasi disediakan khusus disetiap kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung. Ruangan itu digunakan untuk menempatkan penumpang dengan gejala Covid-19.

Selama berlayar, penumpang tidak diperbolehkan keluar dari ruangan, hingga sampai di pelabuhan. Ketika kapal sudah sandar, maka akan dijemput oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang selanjutnya dibawa ke rumah sakit (RS) terdekat untuk mendapatkan perawatan.

“Penumpang di atas 37,5 derajat sementara di ruang isolasi di atas kapal, ruang kesehatan itu yang digunakan untuk mengisolasi sementara penumpang sampai turun. Kapasitasnya antara dua sampai tiga orang. Nanti setelah turun di pelabuhan, protokolnya diserahkan ke KKK sampai ke RS terdekat untuk ditangani,” kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi, ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (29/07/2020).

Kemudian di atas kapal, mulai dari nahkoda, Anak Buah Kapal (ABK) hingga pramugari atau pramugaranya, harus bebas Covid-19 dan dalam kondisi sehat. Kemudian seluruh kursi di dalam kapal tidak bisa di duduki, karena sudah diberi tanda silang, upaya menjaga jarak.

**Baca juga: Puncak Arus Mudik Idul Adha di Pelabuhan Merak.

“Untuk awak kapal semua harus, itu di atur dalam SE nomor 11 tahun 2020, semua protokol kesehatan seperti itu. Jaga jarak, terus suhu di cek di bawah dan di atas kapal, jadi penumpang yang mau naik dan turun kapal diperiksa suhunya,” terangnya. (dhi)

Berita Terbaru