oleh

Ada Manfaat Mengejutkan Apabila Anda Gemar Membaca Sebelum Tidur

Kabar6-Apakah Anda memilik kebiasaan membaca buku atau novel sebelum tidur malam? Sebagian orang memang tidak bisa tidur tanpa melakukan sejumlah aktivitas terlebih dahulu. Salah satunya dengan membaca buku.

Sebuah situs review produk tidur dan kasur bernama Sleep Junkie, melansir Womantalk, melakukan survei kepada 1.000 orang tentang kebiasaan tidur dan rutinitas tidur mereka, yaitu apakah mereka membaca di tempat tidur atau tidak. Didapatkan, tidak sampai setengah dari mereka, sekira 38 persen, yang memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur. Padahal, manfaat yang dirasakan oleh peserta survei yang melakukannya, ternyata cukup luar biasa.

Orang yang biasa membaca buku sebelum tidur, baik hanya tiga kali sebulan atau setiap malam, mengatakan mengalami peningkatan rileksasi, mengurangi stres, lebih mudah tidur, memusatkan pikiran, dan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan, hampir tiga perempat dari peserta yang membaca sebelum tidur percaya bahwa mereka akan lebih sulit tertidur jika tidak secara teratur melakukannya dan sebanyak 96 persen akan merekomendasikan untuk melakukan hal tersebut kepada orang lain.

Lalu, ada sekira 76 persen peserta survei yang memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur, melaporkan merasa puas dengan kualitas tidur mereka. Bukan hanya itu, tetapi dalam satu minggu mereka juga memiliki waktu tidur ekstra sebanyak satu jam 37 menit, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut.

Karena tidur sangat penting, dari mulai menjaga kesehatan fisik hingga meningkatkan kebugaran kognitif, maka tidak mengejutkan jika hal tersebut secara tidak langsung mempengaruhi aspek penting kehidupan lainnya, termasuk keberhasilan profesional dan finansial, serta rasa optimisme.

Dari hasil survei, sebanyak 79 persen orang yang membaca sebelum tidur merasa memiliki pandangan positif dalam hidup, sedangkan mereka yang tidak melakukannya hanya mencapai 59 persen. ** Baca juga: Sejumlah Tanda Tubuh Kurang Konsumsi Sayuran

Jadi, apabila akhir-akhir ini Anda sulit tidur, tidak ada salahnya mencoba untuk membaca buku agar kualitas tidur menjadi lebih baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru