oleh

Ada Kisah Seram Di Balik Dongeng Ini Lho…

IlustrasiKabar6-Dongeng pengantar tidur seperti Cinderella, Hansel dan Gretel dan lain sebagainya adalah cerita yang sangat menghibur dan membawa kenangan masa kecil.

 

 

Tapi tahukah Anda kalau dongeng-dongeng tersebut sebenarnya tidak sama dengan kisah aslinya? Dalam buku berjudul The Most Creepy Fairy Tales dijelaskan bahwa dongeng-dongeng itu awalnya merupakan cerita yang sangat mengerikan sekaligus menakutkan. Berikut ini ulasan kisah awal dongeng-dongeng populer tersebut :

 

1. SNOW WHITE & SEVEN DWARFS

Dalam versi asli dikisahkan bahwa Ratu meminta pesuruhnya untuk menghabisi Putri Salju. Dan sebagai bukti kalau Putri Salju telah dibunuh, pesurus tersebut harus membawa jantung Putri Salju.

 

Pesuruh Ratu lantas membunuh seekor rusa dan membawa jantungnya. Di hadapan Ratu, pesuruh itu mengakui kalau jantung yang dia bawa adalah milik Putri Salju. Ratu pun memakan jantung Putri Salju dan berharap kecantikan Putri Salju berpindah padanya.

 

Di akhir cerita, dikisahkan bahwa Putri Salju yang tewas setelah makan apel beracun, hidup lagi berkat ciuman seorang Pangeran. Setelah Putri Salju diboyong ke istana, sang Ratu menerima hukuman.

 

Perbedaan versi yang tidak dimunculkan adalah hukuman yang diterima Sang Ratu adalah kakinya dipasung dengan sepatu besi dan dipaksa menari sampai mati di hadapan Putri Salju.

 

2. CINDERELLA :

Dalam versi aslinya, pada saat Pangeran mencari pemilik sepatu kaca, ibu tiri Upik Abu berusaha keras agar anak-anaknya terpilih sebagai pemilik sepatu. Ibu tiri memotong jari-jari kaki Putri yang kebesaran agar muat saat mencoba sepatu kaca. Sementara Putri yang kakinya kekecilan, digilas dengan roda gerobak kuda yang sangat berat.

 

Sang Pangeran murka saat menemukan bahwa pemilik sepatu kaca adalah Cinderella. Pangeran pun memerintahkan burung elang peliharaannya untuk mematuk sekaligus makan mata ibu tiri Cinderella. Tidak hanya itu, Pangeran juga mengusir ibu tiri beserta adik-adik tiri Cinderella, hingga akhirnya mereka menjadi pengemis di luar kota.

 

3. HANSEL & GRETEL

Kisah ini awalnya dibuat untuk orang dewasa. Lantaran tidak populer, akhirnya diubah menjadi versi untuk anak-anak. Dalam versi dewasa, Hansel dan Gretel diceritakan sering disiksa oleh orang tuanya yang psycho. Sang ayah sering mencambuk mereka, sedangkan sang ibu kerap melukai kedua anak itu dengan menyayat kulit mereka sambil tertawa saat melihat darah mengalir dari kulit yang tersayat.

 

Ketika kabur dari rumah, kedua anak itu bertemu sebuah rumah yang terbuat dari permen/cokelat, yang tidak lain adalah rumah milik tukang sihir. Ternyata tukang sihir itu adalah seorang kanibal yang pada akhirnya membunuh dan memakan mereka. Hansel & Gretel adalah kisah pertama yang mengangkat tema kanibalisme.

 

4. LITTLE RED RIDING HOOD

Cerita ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada abad 18 di daerah Eropa, tentang seorang anak perempuan berkerudung merah yang diserang oleh seekor serigala.

 

Dikisahkan, seorang anak disuruh ke hutan oleh orang tuanya untuk mengunjungi nenek mereka yang tengah sakit. Awalnya, anak itu disuruh berangkat subuh. Entah mengapa, anak perempuan ini memutuskan pergi tengah malam. Akibatnya, dia dikejar oleh serigala.

 

Beruntung si anak lolos dari kejaran serigala, dan tiba di rumah neneknya dengan selamat. Ternyata di dalam rumah bersembunyi seekor serigala yang sebelumnya telah memakan sang nenek. Malang, serigala itu pun segera menghabisi bocah perempuan yang malang itu.

 

5. THE LITTLE MERMAID

Dalam versi aslinya, Ariel si Putri Duyung selama menjadi manusia dibekali dengan pisau yang terselip rapi di balik rambutnya yang panjang dan tebal, dengan tujuan jika ada orang yang mencurigai keberadaannya sebagai Putri Duyung, maka Ariel harus membunuh orang itu. Ariel harus melakukan hal tersebut untuk melindungi jati dirinya, serta keselamatan kerajaan Neptunus dan spesies Mermaid di laut agar tidak menjadi buruan manusia.

 

Di bagian lain diceritakan perihal kisah cinta Ariel yang berakhir tragis, lantaran bertepuk sebelah tangan. Sang pangeran meninggalkan Ariel untuk menikah dengan gadis lain. Peristiwa itu tentu saja membuat Ariel patah hati dan akhirnya memilih bunuh diri dengan pisau miliknya.(ilj)

**Baca juga: Astaga…Ini Lokasi Favorit Untuk Bunuh Diri?

Berita Terbaru