oleh

Ada Kisah Apa di Balik Model Rambut Ini?

Kabar6-Model rambut zaman sekarang, kadang terinspirasi dari model unik rambut zaman dulu, bahkan beberapa rambut unik suku-suku di dunia.

 

Nah, berikut adalah kisah di balik model rambut suku-suku di dunia yang penuh makna:

 

1. Rambut Chonmage (Suku Samurai Kuno)

Chonmage adalah tatanan rambut samurai kuno di Jepang. Akar chonmage adalah simpul atas Honda-mage, yang aslinya dikenakan oleh samurai dari keluarga Honda di Propinsi Ise selama zaman Edo.

 

Secara bertahap, model ini menyebar ke seluruh negeri. Pada era Anei, rambut chonmage menjadi sangat terkenal. Istilah chonmage diambil dari simpul atas yang tipis dari kepala lelaki tua pada zaman itu.

 

2. Rambut Mohawk (Suku Mohican)

Model rambut yang hanya tersisa di tengah, bagian kanan dan kiri kepala dibiarkan botak, pertama kali diperkenalkan oleh suku Mohican dan Mohawk di dataran Amerika Utara. ** Baca juga: Perempuan Sering Bermimpi Tentang Lima Hal ini?

 

Saat hendak bertempur ke medan perang, para lelaki suku tersebut beramai-ramai mencukur habis bagian kiri dan kanan rambut mereka lalu menyisakan di bagian tengah saja.

 

Pada masa Perang Dunia ke-2, anggota 101st Airborne Division alias Screaming Eagles, mengikuti gaya suku Mohican, yaitu seluruh anggota pasukan membotaki bagian rambut kiri dan kanan dan membiarkan bagian tengahnya.

 

3. Rambut Leluhur (Suku Miao)

Suku Miao menggunakan topi dari kumpulan rambut leluhurnya dengan menggunakan tanduk sapi sebagai penyangganya. Wig dari kumpulan rambut leluhur itu dulunya digunakan oleh semua orang di sana. Namun kini hanya dipakai oleh kaum hawa saja.

 

4. Rambut Gimbal (Suku Himba)

Suku Himba di barat laut Namibia, Afrika Selatan, mempunyai tradisi menata rambut yang unik. Pria, wanita, dan anak-anak membuat rambut mereka menjadi gimbal dengan kepangan yang rumit, dibentuk dari campuran bulu kambing, jerami, mentega dan lumpur.

 

Suku ini mempunyai aturan adat yang sangat ketat, terutama untuk kaum hawa. Perempuan dengan gimbal yang menggantung di wajahnya menandakan sudah memasuki masa puber, sehingga harus menyembunyikan wajahnya dari para pria.

 

Perempuan Himba yang sudah menikah atau yang mempunyai anak, wajib mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari kulit binatang, kalung dan manik-manik. Mereka biasa tidur di bantal kayu agar rambut mereka tidak rusak.

 

Kaum pria mengepang rambut menyerupai tanduk, menyembul dari bagian depan hingga belakang kepala. Anak-anak dicukur gundul dengan tetap menyisakan kepangan gimbal di kepala.

 

5. Rambut Setengah Botak (Suku Munchu)

Suku Manchu merupakan keturunan bangsa Yurchen yang bertempat tinggal di Manchuria. Kaisar pertama Dinasti Manchu ialah Shun Chih (1644-1662 M).

 

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Shun Chih untuk memperkuat kekuasaan adalah setiap orang Tionghoa harus berkucir sebagai tanda takluk dan untuk membedakan dengan bangsa Manchu.

 

Penampilan pria di masa itu adalah dengan kucir panjang dan bagian depan kepala dicukur klimis. Ini dimaksudkan untuk menghormati kuda yang merupakan teman sejati Suku Manchu.

 

Model rambut mana yang ingin Anda tiru?(ilj)

Berita Terbaru