oleh

Ada Gumpalan Awan Aneh Mirip Abu Vulkanik Anak Krakatau

Kabar6-Sejumlah warga di Banten melihat fenomena aneh. Warga melihat gumpalan awan menyerupai abu vulkanik berwarna abu-abu pekat.

Gumpalan awan pekat itu dilihat warga sekitar pukul 17.50 wib sampai pukul 18.15 wib. Bahkan ada yang mengatakan awan pekat itu merupakan abu letusan anak Krakatau.

“Dari Merak (Kota Cilegon) juga jelas kelihatan,” kaya Sigit, salah seorang warga Kota Serang yang bekerja di Kota Cilegon, melalui pesan singkatnya, Jumat (04/01/2019).

Wiwid, salah seorang relawan dari FesbukBantenNews, yang sedang membangun yu korban tsunami Selat Sunda, juga mengaku melihat awan itu dari daerah Labuan, Kabupaten Pandgelang, Banten.

“Itu awan keliatan dari Labuan. Cilegon, Serang juga katanya keliatan,” ujar Wiwid, melalui pesan singkatnya, Jumat (04/01/2019).

Baik petugas Pos Pantau Anak Krakatau maupun BMKG Kelas I Serang dan Raden Inten, Lampung, belum bisa memastikan apakah itu awan biasa atau abu vulkanik Dati letusan Gunung Anak Krakatau.**Baca Juga: Tiga Rumah di Selaraja Lebak Terbakar.

Berdasarkan laporan dari situs https://magma.vsi.esdm.go.id/ , yang dibuat oleh Windi Cahya Untung, tercatat asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 300-2000 meter di atas puncak kawah. Terdengar suara dentuman dipos PGA.

Sedangkan berdasarkan data yang dikirimkan oleh Tarjono, Prakirawan dari BMKG Klas I Serang, yang dipantau melalui citra satelit Himawari per pukul 19.00 wib, ketinggian Sebaran abu vulkanik Anak Krakatau mencapai 10 kilometer Dari Permukaan Laut (DPL).(dhi)

Berita Terbaru