oleh

Ada Efek Mengejutkan dari Diet Rendah Karbohidrat

Kabar6-Apakah Anda saat ini berniat mencoba diet rendah karbohidrat? Sebuah studi baru menemukan bahwa mengganti karbohidrat dengan lemak dan protein hewani, seperti yang sering terjadi dengan diet rendah karbohidrat, terkait dengan rentang hidup yang lebih pendek.

Studi yang dimuat dalam jurnal Lancet Public Health tersebut, melansir womantalk, mempelajari 15.428 orang dewasa yang melaporkan sendiri asupan makanan mereka selama 25 tahun. Berdasarkan asupan karbohidrat (dan tidak ada faktor lain), peneliti menemukan bahwa orang-orang yang dietnya kurang dari 30 persen karbohidrat meninggal tiga tahun lebih awal, dibanding mereka yang makan karbohidrat dalam jumlah lebih tinggi.

Para peneliti kemudian mempelajari jenis karbohidrat yang dikonsumsi dalam berbagai diet. Ternyata risiko kematian dini meningkat bagi pelaku diet yang mengonsumsi protein hewani dalam jumlah besar, sedangkan risiko turun untuk pemakan karbohidrat rendah yang mengonsumsi lebih banyak makanan nabati seperti kacang-kacangan dan sayuran. ** Baca juga: Sejumlah Diet yang Disebut Bakal Populer Tahun Ini

Namun studi ini juga memiliki hasil yang patut dipertanyakan. Misalnya, peserta melaporkan sendiri apa yang mereka konsumsi dan para peneliti hanya memeriksanya setiap enam tahun. Ketika para peneliti melakukan meta-analisis dari studi lain tentang diet rendah karbohidrat dan mortalitas, mereka menemukan hasil yang sama. Seperti banyak penelitian, tidak ada cara untuk mengetahui apakah hasilnya korelatif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru