oleh

Ada Efek Buruk Mengintai Saat Anda Tidur Terlalu Lama

Kabar6-Sebagian orang yang tidak memiliki rencana keluar rumah, entah itu liburan ke pantai, berbelanja di mall, atau ke salon, biasanya menghabiskan akhir pekan dengan bermalas-malasan di rumah. Bahkan, tidak sedikit yang tidur nyaris sepanjang hari.

Padahal faktanya, tidur yang terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya penyakit. Efek dari kebiasaan tersebut sama buruknya dengan kekurangan waktu tidur.

Efek buruk tersebut bisa saja hanya bersifat ringan seperti perubahan mood atau penambahan berat badan. Para ahli, melansir Aura, menemukan kaitan antara depresi dan obesitas dengan waktu tidur yang panjang. Penyebabnya, tidur yang terlalu panjang membuat Anda tidak memiliki waktu cukup untuk berolahraga. Akibatnya, semakin sedikit kalori yang dibakar tubuh.

Waktu tidur yang terlalu lama, juga bisa menyebabkan otak dua tahun lebih tua, sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes merupakan efek lain yang mengintai Anda yang terbiasa tidur lebih dari delapan jam.

Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat sebesar 34 persen jika Anda terbiasa tidur dalam waktu yang lama. Di sisi lain, kebiasaan tersebut bisa memicu peningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang berdampak pada peningkatan risiko diabetes. ** Baca juga: Beberapa Jenis Makanan yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Yuk, isi akhir pekan Anda dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membersihkan rumah, memasak, olahraga, dan lain sebagainya, sehingga ada kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru