oleh

Ada Efek Buruk Kesehatan di Balik Pemakaian Kuku Palsu

Kabar6-Bagi sebagian wanita, tampil istimewa dengan kuku cantik akan menyempurnakan penampilan. Karena itulah, tidak sedikit wanita yang memakai kuku palsu dengan aneka bentuk dan warna.

Namun tahukah Anda, melansir alodokter, di balik cantiknya kuku palsu ternyata ada risiko kesehatan yang mengintai? Menggunakan kuku palsu memang membuat penampilan Anda semakin menarik. Namun kandungan bahan seperti etil metakrilat pada kuku palsu dapat memicu kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri pada kuku.

Selain itu, ada pula bahan-bahan lain yang perlu diwaspadai, seperti benzofenon, etil sianokrilat, butil fenol formaldehida, dan trikresil etil ftalat.

Salah satu bahan yang sudah banyak dilarang yaitu metil metrakrilat, karena meningkatkan risiko infeksi jamur dan kemungkinan kelainan kuku. Zat ini dapat dikenali dari bau kuku palsu yang aneh, serta kuku yang sulit dibentuk dan sulit dilepaskan.

Risiko dari kuku palsu juga kerap memicu infeksi bakteri, karena terdapat celah antara kuku dengan kuku palsu, sehingga timbul ruang untuk bakteri dan jamur berkembang. ** Baca juga: Hitung Berapa Banyak Protein dalam Telur Rebus

Risiko infeksi juga meningkat jika pemasangan kuku palsu dilakukan di tempat yang sanitasi dan kebersihannya tidak terjaga. Penggunaan kuku palsu dapat membuat kuku Anda menjadi tipis, rapuh, dan kering.

Menggunakan kuku palsu memang dapat menjadi solusi mudah untuk tampil cantik. Tapi segera konsultasikan dengan dokter, jika timbul gejala pada kuku, seperti gatal, nyeri, atau bengkak dan bernanah di sekitar kuku, setelah penggunaan kuku palsu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru