oleh

Ada Bahaya Mengintip di Balik Warna-Warni Cantik Kutek

Kabar6-Meskipun memberikan kesan ‘cantik dan seksi’ pada kuku tangan atau kaki, ada tiga bahan dalam kutek yang harus diwaspadai, yaitu formaldehida (formalin), toluena, dan phthalates.

Formaldehida, seperti dilansir Alodokter, dapat menimbulkan iritasi pada mata, hidung, kerongkongan, dan paru-paru. Diketahui adanya risiko kanker jika paparan terhadap zat tersebut terjadi dalam jumlah banyak dan waktu yang lama. Hampir sama dengan formaldehida, toluena dapat menimbulkan iritasi pada mata, tenggorokan, dan paru-paru.

Sebagian produsen telah mengambil langkah mengganti bahan phthalates, yaitu zat yang dituding berkaitan dengan masalah pada sistem kelenjar endokrin dan peningkatan kasus diabetes pada wanita.

Penggunaan produk kosmetik pada ibu hamil, termasuk kutek, harus dilakukan dengan lebih hati-hati karena gangguan kesehatan juga dapat dialami janin dalam kandungan. Toluena disebut-sebut dapat memicu kelainan bawaan pada bayi dan mengganggu sistem sarafnya.

Selain itu, ibu hamil juga harus cermat dalam memilih penghapus kutek. Carilah penghapus kutek yang tidak mengandung aseton. Terpapar aseton dalam dosis tinggi dengan jangka waktu lama memiliki kemungkinan dapat menyebabkan gangguan perkembangan dan cacat lahir. Beberapa kondisi yang harus diwaspadai akibat menghirup atau menelan dan keracunan bahan-bahan kutek antara lain:

1. Gangguan mata, berupa iritasi atau kerusakan pada mata.
2. Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, dan sakit perut.
3. Gangguan saluran kemih dan ginjal, berupa buang air kecil yang berlebihan.
4. Gangguan paru-paru, seperti kesulitan bernapas dan sesak napas.
5. Gangguan jantung dan sirkulasi darah, dengan gejala sakit pada dada dan detak jantung yang tidak teratur.
6. Gangguan sistem saraf, dengan gejala mengantuk, gangguan keseimbangan, koma, halusinasi, kejang, sulit berjalan hingga penurunan kesadaran. ** Baca juga: Hati-hati, Tidur Lebih dari 8 Jam per Hari Bahayakan Kesehatan

Memiliki penampilan menarik, termasuk kuku yang indah dipandang memang menyenangkan, namun perhatikan label kutek sebelum digunakan. Pastikan untuk memilih produk yang aman agar tidak mengganggu kondisi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru