oleh

Ada Alasan Penting Mengapa Anda Harus Rutin Ganti Bantal Tidur

Kabar6-Nyaris sebagian orang tidak bisa tidur tanpa bantal. Namun tahukan Anda, bantal yang sudah berusia dua tahun ternyata perlu diganti, karena bisa memicu masalah kesehatan?

Menurut seorang The Hygiene Doctor bernama Lisa Ackerley, melansir thesun, ratusan tungau debu kecil yang bersembunyi di bantal menimbulkan rasa gatal. Namun dikatakan Ackerley, bukan tungau yang membawa penyakit, melainkan enzim dalam kotorannya.

Karena itulah, untuk menghindari gangguan alergi kulit, Ackerley mengatakan bantal tersebut harus segera dibersihkan. Juga disarankan untuk menjemur bantal secara rutin, serta hindari ruangan yang lembap.

Ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus segera mengganti bantal. Ini dia tandanya:

1. Pegal saat bangun tidur
Bantal yang makin menipis membuat area punggung, leher, atau bahu merasa pegal. Bila hal ini sudah terjadi segeralah mengganti bantal.

2. Sakit kepala
Tubuh bagian atas akan mengalami tekanan karena bantal yang sudah tidak layak pakai. Tekanan itu pun membuat kepala makin sering sakit. ** Baca juga: Pola Makan yang Tepat Bisa Bantu Tingkatkan Mood

3. Nyeri leher
Bantal yang telah lama digunakan membuat kepala dan leher tidak lagi mendapatkan sanggahan. Rasa nyeri pun akan muncul. Ingin tubuh terasa segar setelah bangun tidur, mulailah perhatikan kebersihan bantal.

Meskipun terlihat sepele, mengganti bantal yang sudah tidak layak dapat menghindari Anda dari sejumlah masalah kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru