oleh

Ada 6 Ciri Rumah yang Disebut Sehat

Kabar6-Konsumsi makanan bergizi serta memperhatikan kebersihan lingkungan, bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan. Hal yang juga tak kalah penting adalah memiliki rumah sehat.

Selain sirkulasi udara, melansir Womantalk, ada enam ciri sebuah hunian disebut sebagai rumah yang sehat. Apa saja ciri-ciri yang dimaksud?

1. Kasur organik
Kasur biasa dapat menjadi sumber utama paparan bahan kimia, terutama ketika produsen menggunakan bahan kimia bernama PBDE, yang dikaitkan dengan kerusakan otak dan reproduksi, masalah tiroid, serta kanker. Sementara kasur organik yang bebas kimia, hypoallergenic, dan biodegradable, selain baik untuk kesehatan Anda juga baik untuk Bumi.

2. Pembersih udara
Biasa disebut juga air purifier, ini merupakan alat cerdas untuk rumah Anda karena berfungsi menghilangkan polusi udara dalam ruangan. Meski di dalam rumah, banyak permukaan dan sudut rumah yang sarat bakteri dan polutan, yang dapat menyebabkan alergi.

3. Tanaman
Selain bisa membuat rumah lebih cantik, ada beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari banyak jenis tanaman dalam ruangan, termasuk berkurangnya kadar karbon dioksida, polutan tertentu, dan debu di udara.

4. Warna cerah
Percayalah bahwa warna-warna di rumah dapat secara serius mempengaruhi suasana hati Anda. Dalam sebuah penelitian di Belanda disebutkan bahwa warna kuning dapat membangkitkan perasaan bahagia, sementara para peneliti di University of British Columbia menyebut bahwa warna biru bisa memberikan efek relaksasi dan kreativitas.

5. Tidak ada alas kaki dalam rumah
Penelitian mengungkapkan manfaat kesehatan dari bertelanjang kaki di dalam rumah. Dalam satu studi, para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa rata-rata ada hampir 421 ribu bakteri berbeda yang ada di dasar 96 persen sepatu. Jika tetap ingin pakai alas kaki, pakai sandal khusus di dalam rumah yang juga wajib secara rutin Anda cuci.

6. Peralatan masak terpilih
Ketimbang menggunakan wajah antilengket yang mungkin mengandung bahan kimia tertentu dan dianggap dapat menyebabkan kanker oleh Badan Internasional WHO untuk penelitian kanker, lebih baik gunakan wajan besi yang terhindar dari bahan kimia berbahaya.

Anda juga harus menghindari peralatan memasak yang mengandung bahan kimia atau dibuat dengan perekat beracun yang dapat larut ke dalam makanan.

Sebaiknya, pilih peralatan masak dari bambu yang bersertifikat organik dan tidak akan membahayakan Anda dan baik bagi lingkungan. ** Baca juga: 5 Jenis Teh yang Dipercaya Bantu Turunkan Berat Badan

Hal itulah yang menunjang rumah jadi lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru