oleh

Ada 5 Kandidat Vaksin COVID-19 dengan 2.575 Orang yang Jadi Kelinci Percobaan di Tiongkok

Kabar6-Sebanyak 2.575 orang menjadi kelinci percobaan untuk lima kandidat vaksin COVID-19 di Tiongkok. Data 2.575 orang yang secara sukarela terlibat dalam uji coba tadi disampaikan oleh Wakil Direktur Komisi Kesehatan Nasional bernama Zeng Yixin.

Menurut Zeng, melansir hindustantimes, selama uji coba ini belum ada ‘reaksi merugikan’. “Menurut rencana, jika semuanya berjalan dengan baik, proyek-proyek di atas akan menyelesaikan fase kedua uji klinis pada Juli tahun ini,” terang Zeng.

Dikatakan Zeng, ada lebih banyak kandidat vaksin yang sedang dalam proses pengembangan dan menunggu persetujuan untuk diuji coba pada manusia.

Sebelumnya, Tiongkok mengatakan empat kandidat vaksin sudah diuji coba lebih awal pada manusia. Namun Zeng tidak merinci kapan uji coba empat vaksin potensial itu dilakukan.

Untuk disetujui sebagai obat yang digunakan, kandidat vaksin harus menyelesaikan tiga fase uji coba. Zeng juga tidak menjelaskan sudah dalam fase ke berapa untuk empat kandidat vaksin pemula tersebut.

Namun keberhasilan Tiongkok dalam menjinakkan COVID-19 ini dapat menjadi rintangan bagi pengembang vaksinnya ketika mereka mencapai tahap akhir pengujian.

Obat harus diberikan kepada sekelompok sukarelawan dan plasebo yang diberikan kepada kelompok kontrol di daerah yang sama di mana virus menyebar untuk melihat apakah obat itu bekerja.

Sinovac Biotech yang berbasis di Beijing, yang mengembangkan salah satu vaksin yang sedang diuji, telah mengatakan bahwa mereka sedang berupaya melaksanakan tahap akhir dari uji coba di luar negeri karena Tiongkok tidak memiliki cluster virus corona baru yang cukup besar. ** Baca juga: Konstruksi Aneh, Jembatan di Mesir ‘Tabrak’ Gedung Pemukiman

Para ahli mengatakan, perlu setidaknya 12 hingga 18 bulan untuk mengembangkan vaksin yang efektif, bahkan mungkin lebih lama.(ilj/bbs)

Berita Terbaru