oleh

Ada 4 Ciri Depresi yang Sering Tidak Anda Sadari

Kabar6-Saat menghadapi sebuah permasalahan berat, baik dalam hal pekerjaan, rumah tangga atau hubungan asmara, banyak orang yang mengalami depresi. Awalnya, Anda hanya mengalami stres ringan, semakin lama berubah menjadi stres berat hingga depresi.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengenali gejala depresi yang dialaminya, sehingga mereka membiarkan kondisi tersebut yang kemudian akan mengganggu kesehatan mental maupun fisik.

Apa saja sih beberapa ciri yang menunjukkan bahwa Anda sedang depresi? Melansir Womantalk berikut uraiannya:

1. Timbul rasa sakit dan nyeri di seluruh tubuh
Saat seseorang mengalami depresi, seluruh tubuh akan terasa sakit dan nyeri, seperti nyeri punggung. Hal ini terjadi karena penurunan imunitas tubuh dan efek dari semangat psikis yang berkurang.

Ketika imunitas tubuh berkurang, maka bisa berpengaruh pada kondisi fisik. Bila Anda mengalami hal ini, cobalah berhenti beraktivitas dan istirahat sejenak untuk membuat tubuh jadi lebih rileks.

2. Melarikan diri ke dunia maya
Bila Anda sudah mulai ketagihan membuka media sosial dan menjauhkan diri dari keramaian, bisa jadi Anda sedang depresi. Kita mulai merasa tidak nyaman berinteraksi dengan orang-orang di sekitar.

Tidak apa-apa menjauhkan diri, tetapi lakukan hal-hal yang positif untuk membuat pikiran Anda lebih tenang.

3. Emosi tidak stabil
Bila Anda mulai merasa emosi tidak bisa dikendalikan, tiba-tiba jadi marah atau sedih, bisa jadi memang sedang depresi. Ciri-ciri lain yang akan terlihat adalah Anda mulai merasa bersalah, murung, pesimis, dan merasa tidak bahagia.

4. Kebiasaan makan yang tidak sehat
Salah satu gejala depresi yang bisa kita alami adalah kebiasaan makan kita jadi tidak sehat. Mungkin, kita lebih memilih makanan yang manis-manis, atau justru tidak mau makan sama sekali. ** Baca juga: Diet Murah dengan 7 Makanan Rendah Lemak

Stres dan depresi merupakan hal yang wajar, tetapi jangan biarkan perasaan tersebut berlarut-larut hingga mengganggu kesehatan mental Anda. Tenangkan diri, dan jangan ragu untuk menceritakan apa yang sedang dialami kepada orang yang Anda percaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru