oleh

Ada 4 Bakteri yang ‘Bersembunyi’ dalam Kamar Mandi Anda

Kabar6-Kamar mandi bisa menjadi tempat paling kotor di rumah. Karena itulah kebersihannya harus selalu dijaga. Setiap dua hari sekali, luangkan waktu untuk melakukan clean up dan mengembalikan kesegaran kamar mandi.

Dengan begitu, kuman dan bakteri tidak akan berkembang sehingga kesehatan keluarga terlindungi. Apa saja sih sejumlah bakteri yang sering ‘bersembunyi’ dalam kamar mandi? Melansir dekoruma, ini empat jenis bakteri yang dimaksud:

1. E-coli
E-coli ini ditemukan pada sisa pencernaan manusia dan hewan, jadi otomatis toilet kamar mandi akan menjadi tempat paling umum bagi para bakteri e-coli bertebaran.

Bakteri ini juga bisa ditemukan pada lantai kamar mandi, sabun batang, atau bahkan perabot dalam kamar mandi termasuk pegangan pintu kamar mandi.

2. Streptococcus
Streptococcus adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit streptococcus. Komplikasi yang timbul antara lain gangguan tenggorokan, pernapasan, dan demam tinggi.

Bakteria ini sangat mudah hinggap ke kulit manusia, terutama tangan. Selain menjaga kebersihan tangan, ganti sabun batang menjadi sabun cair kemasan terpisah dalam kamar mandi rumah. Gunakan macam-macam handuk dengan ukuran dan fungsi yang berbeda-beda untuk setiap anggota keluarga dan tamu di rumah.

3. Paratuberculosis
Bakteri ini adalah sub-spesies dari mycobacterium avium yang merupakan pemicu dari penyakit radang usus atau disebut juga Crohn’s disease.

Penyakit ini akan mengakibatkan radang atau bengkak pada lapisan dalam percernaan manusia sehingga terjadi diare, mual atau muntah, kelelahan dan kehilangan berat badan.

Riset menunjukkan, penyebaran paratuberculosis adalah melalui kontak udara atau pernapasan, namun ada juga studi yang menunjukkan bahwa bakteri ini juga bisa ditularkan melalui kegiatan mandi atau shower kamar mandi. Bakteri ini sering bercokol terutama pada bagian kepala shower yang jarang digunakan di dalam kamar mandi.

4. Salmonella
Salmonella adalah jenis bakteri yang hidup di dalam tubuh manusia dan bagian percernaan hewan. Infeksi salmonella atau dikenal juga dengan salmonellosis bisa terjadi ketika bakteri ini tumbuh berkembang biak di dalam bagian pencernaan kita.

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran bakteri salmonella adalah dengan menutup toilet saat akan di-flush. Selain itu, menjaga kebersihan tangan setelah menggunakan toilet kamar mandi juga penting sekali.

Hal pertama yang harus diingat dalam pencegahan dan pembasmian bakteri kamar mandi adalah dengan pembersihan kamar mandi dengan seksama. ** Baca juga: Dalam Jumlah Tertentu, Studi Sebutkan Uang Bisa ‘Beli’ Kebahagiaan

Idealnya, membersihkan kamar mandi sekurang-kurangnya satu kali dalam sehari. Hindari juga menggunakan kain atau spons tanpa dibilas dengan bersih untuk mengelap bagian-bagian dalam kamar mandi rumah.

Bakteri memang mudah ditemukan di mana-mana. Jadi ini semua tergantung pada tingkat perhatian dan kesadaran Anda dalam menggunakan kamar mandi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru