oleh

97 Atlet Penyandang Disabilitas Bersaing di Ajang Peparkot Tangerang

Kabar6-National Paralympic Centre (NPC) Kota Tangerang menggelar Pekan Paralympic Kota Tangerang pertama (Peparkot ke-1) untuk mencetak dan memberdayakan atlet penyandang disabilitas.

Peparkot perdana yang bertemakan ‘Melalui Peparkot Merupakan Ajang Menggali Potensi Atlet yang Berbakat’ ini berlangsung di lapangan Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning, Jatiuwung, Kota Tangerang pada 13-14 November 2019.

Ketua NPC Kota Tangerang Muhammad Subur mengatakan, Peparkot perdana ini diikuti 97 atlet difabel bersaing dengan mempertandingkan enam cabang olahraga.

Selain sebagai upaya menyaring dan membina peserta, Peparkot ini juga dapat menghapus stigma negatif bahwa penyandang disabilitas pun mampu menjadi atlet yang berkualitas seperti masyarakat pada umumnya.

“Ini sebagai ajang bakat untuk atlet berpotensi. Insyaallah akan kami bina menjadi atlet yang bisa mengukir prestasi,” ujarnya setelah pembukaan, Rabu (13/11/2019).

Para peserta dengan ragam keadaan mental ini berasal dari kalangan pelajar dan umum se-Kota Tangerang. Mereka tampak bersemangat untuk saling menunjukkan kemampuannya dalam pertandingan cabang olahraga atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, catur, hingga goal ball.

“Target kami ini sebagai persiapan Porprov tahun 2022 karena kita tuan rumah. Oleh karena itu, Peparkot sebagai barometer,” ucapnya.

Nantinya, Subur menuturkan, para atlet difabel terbaik tingkat Kota Tangerang akan diikutsertakan dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Banten pada tahun 2022 dalam penyelenggaraan Peparprov. Atlet difabel Kota Tangerang tersebut pernah mencatatkan prestasi.

“Tahun 2016, difabel Kota Tangerang, berhasil meraih dua perunggu pada cabor catur tingkat nasional. Semoga nanti bisa berprestasi lagi hingga tingkat internasional,” katanya.

**Baca juga: FSPMI Soroti Kenaikan Upah & BPJS, Dalam Waktu Dekat Akan Gelar Aksi Damai.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi mengatakan, Peparkot sebagai upaya perhatian Pemerintah Kota Tangerang untuk memberikan ruang bagi atlet berkebutuhan khusus. Untuk itu, Peparkot akan menjadi agenda tahunan.

Ia menambahkan, fasilitas-fasilitas olahraga di Kota Tangerang juga diberikan bagi atlet disabilitas. “Sehingga diharapkan dengan Peparkot ini memacu semangat mereka untuk terus bertanding ke level tingkat lebih tinggi lagi,” pungkasnya. (Oke)

Berita Terbaru