oleh

894.280 Warga Lebak Siap Gunakan Hak Pilihnya

Kabar6-Sebanyak 894.280 warga Kabupaten Lebak yang terdaftar sebagai pemilih tetap akan melakukan pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak periode 2014-2019, Sabtu (31/8/2013).

“Kami berharap pada pemilihan bupati dan wakil bupati ini berjalan tertib, aman, dan lancar,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Agus Sutisna, Kamis (29/8/2013).

Ia mengatakan, masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) diharapkan menggunakan hak pilihnya untuk memilih salah satu dari tiga pasangan calon, yakni Pepep-Aang (nomor urut 1), Amir Hamzah-Kasmin, dan Iti Octavia-Ade Sumardi (nomor urut 3).

Disebutkan, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya di 1.987 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 345 desa/kelurahan di 28 kecamatan.

“Bagi warga yang belum tercatat pada DPT diperbolehkan menggunakan hak pilihnya di TPS setelah menyertakan kartu keluarga,” ujar Agus.

Sementara itu, Kapolres Lebak Ajun Komisaris Besar Mulya Nugraha mengatakan, pengamanan Pilkada Lebak melibatkan sebanyak 680 personel,
dibantu pasukan Sabhara dan Brimob Polda Banten serta petugas perlindungan masyarakat.

“Kami akan mengedepankan tindakan persuasif jika terjadi aksi demontrasi pada Pilkada dan seluruh anggota tidak dipersenjatai,” ungkap Mulya.

Ia menyebutkan, pihaknya optimistis pelaksanaan Pilkada akan berlangsung aman, damai, dan kondusif. “Selama ini situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat Lebak cukup kondusif meski dua hari menjelang Pilkada,” ujar Mulya.(ant/yps)

Berita Terbaru