Home / Aneka Berita / Sehat / 8 Rempah-rempah yang Bisa Digunakan untuk Diet
Ilustrasi/bbs

8 Rempah-rempah yang Bisa Digunakan untuk Diet

Kabar6-Setiap orang, terutama kaum hawa, tentu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal atau langsing. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, dan yang paling populer adalah dengan menjalankan program diet.

Ternyata selain diet, ada satu cara sehat yang bisa digunakan untuk berdiet, yaitu dengan beberapa jenis rempah-rempah. Melansir sehatfresh, berikut adalah delapan rempah-rempah yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan:

1. Kayu manis
Merupakan jenis bumbu masakan dan dapat dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan. Kayu manis dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu menurunkan berat badan berlebih, karena bekerja untuk menstabilkan kadar gula darah yang memproduksi insulin sedikit, sehingga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Menurut penelitian, kayu manis dapat menurunkan berat badan sekira 27 persen.

2. Jahe
Jahe dikenal sebagai rempah yang dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa mual. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi rebusan air jahe sebelum tidur yang berguna untuk meluruhkan penumpukan makanan dalam sistem pencernaan.

3. Kunyit
Memiliki kandungan karbohidrat, zat pati, protein, mineral, minyak atsiri, fosfor dan senyawa kurkuminoid, dipercaya dapat meluruhkan jaringan lemak yang disebabkan oleh penumpukan makanan berlebih.

4. Asam jawa
Fakta mengenai asam jawa yaitu salah satu rempah yang dapat dijadikan bahan herbal untuk diet karena memiliki kandungan flavonoid, saponin dan tanin yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat. Hal tersebut berfungsi untuk mendegradasi lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

5. Jinten
Kandungan oleat, omega 9, asam amino dan serat yang terkandung dalam jinten dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang berfungsi untuk mendegradasi lemak di dalam tubuh.

6. Gingseng
Memiliki efek yang dapat menghangatkan tubuh serta menghasilkan lebih banyak energi sehingga dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, rasa hangat pada gingseng menghilangkan stres dan menekan nafsu makan.

7. Lada hitam
Kandungan piperin dalam lada hitam berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan jaringan lemak baru, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu rempah untuk program diet.

8. Bawang putih
Merupakan salah satu jenis rempah yang dikenal sebagai anti hipertensi dan anti kolesterol. Selain itu, bawang putih dapat dijadikan sebagai rempah yang dapat menurunkan berat badan. ** Baca juga: Bikin Penampilan Makin Cetar, Cat Rambut Punya Efek Negatif Bagi Kesehatan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Check Also

Cuaca Bisa Pengaruhi Hati Seseorang

Kabar6-Banyak yang percaya bahwa cuaca memiliki pengaruh terhadap suasana hati seseorang. Terkadang cuaca mendung dihubungkan ...