oleh

8 Fakta Menarik Tentang Bersin

Kabar6-Selain karena flu, bersin juga bisa disebabkan oleh alergi. Bersin adalah cara tubuh menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan. Gejala ini juga dapat disebut sebagai proses pengusiran bakteri ke udara secara paksa dan kuat.

Meskipun sering mengganggu, bersin bukanlah gejala dari masalah kesehatan yang serius. Apa saja sih sejumlah fakta menarik tentang bersin? Melansir huffpost, ini delapan fakta unik yang dimaksud:

1. Kecepatan bersin Anda lebih dari 100 mile/jam
Sebenarnya mitos ini terlalu berlebihan. Kecepatan bersin normal ternyata 30-35 mile/jam

2. Saat bersin, kita bisa menyemprotkan kuman dengan jarak yang sangat jauh
Beberapa jauh radius kuman berada saat seseorang bersin? Ada yang memperkirakan sejauh lima kaki, tetapi ada pula yang mengatakan sejauh 30 kaki.

3. Sinar matahari sering membuat orang bersin
Bukan hanya bulu, merica dan sumber alergi lainnya ternyata yang dapat menyebabkan bersin. Penyebab bersin lainnya yang sudah terbukti secara ilmiah adalah sinar, atau biasa disebut photic sneeze reflex.

4. Bersin 2-3 kali adalah normal
Partikel-partikel jahat yang menyebabkan bersin sering terperangkap di saluran napas terutama di hidung, dan saat bersin partikel tersebut tidak keluar seluruhnya. Terkadang diperlukan lebih dari satu kali bersin untuk mengusir iritan tersebut pergi. Inilah yang menyebabkan bersin berulang.

5. Mata tertutup secara otomatis
Bersin saat menyetir memang sangat mengkhawatirkan, karena saat bersin mata pasti tertutup. Tidak ada hal lain yang bisa kita pakai untuk mencegah mata menutup saat bersin. Mata tertutup saat bersin sudah merupakan sistem refleks yang tidak disadari yang terjadi di otak.

6. Jantung Anda tidak berhenti saat bersin
Meskipun ada mitos mengatakan, jantung akan berhenti sesaat Anda bersin, mitos ini salah. Hal yang terjadi, sebelum bersin jantung kita berdetak lebih pelan dari normal karena adanya stimulasi dari nervus vagus yang terjadi saat bersin.

7. Lebih baik bersin daripada menahannya
Terkadang saat akan bersin, ada rasa menggelitik yang menandakan Anda akan bersin. Dan ada tipe rasa menyesakkan saat bersin sudah setengah keluar. Saat berada di rumah ibadah atau dalam bioskop, terkadang Anda mencoba untuk menghentikan bersin yang akan terjadi.

Sebaiknya, Anda jangan melakukannya karena dapat menyebabkan cedera misalnya pembuluh darah pecah, gendang telinga pecah atau permasalahan di diafragma, walaupun hal ini jarang terjadi.

8. Kita dapat menenangkan keinginan untuk bersin
Jika sebelum Anda bersin, muncul rasa hidung yang tergelitik, ada beberapa trik untuk menenangkanya. Cobalah untuk menggosok hidung, menekan bibir atas Anda di bawah hidung atau memaksa untuk menarik nafas dalam-dalam. ** Baca juga: Jangan Salah Bedakan Antara Lapar Fisik dengan Lapar Mata

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru