oleh

700 Hewan di Kabupaten Tangerang Kena PMK 80 Persen Sembuh

Kabar6-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan populasi hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) terus meningkat. Meski demikian tak sedikit pula di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

“Diduganya itu masih akan terjadi, sekarang aja sudah hampir 700 yang terjangkit PMK semuanya, dari 700 itu yang sudah diobati hampir 80 persen sudah hampir pulih kembali,” ungkapnya, Kamis, (7/7/2022).

Ia mengatakan, bisa dipastikan untuk penyuntikan hewan ternak akan terus berjalan. Pemerintah daerah hanya punya waktu pendek karena pemotongan hewan kurban semakin dekat makanya dimaksimalkan penyuntikan vaksinasi.

“Jadi bukan yang buat dipotong untuk kurban, yang sekarang disuntik itu memang buat ternak. Jadi selama hewannya diberikan pengobatan akan membaik dan bisa dilakukan penjualan sebagai hewan kurban, kita punya waktu pendek loh untuk kedapannya,” kata Zaki.

Hewan ternak yang masih kecil sampai indukan akan diberikan vaksinasi. Meski sudah divaksin pengobatan hewan ternak tetap berjalan secara bertahap.

“Mudah-mudahan, obat akan dikirim terus oleh kementerian peternakan agar stok obat bisa mecover seluruh kebutuhan apabila, ditemukan hewan yang terjangkit PMK di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

**Baca juga: Dana BOS Disorot, Pejabat SMAN 18 Kabupaten Tangerang sudah Dirombak

Zaki mengimbau, bagi masyarakat Kabupaten Tangerang yang memiliki lapak lapak penjualan hewan kurban segera lapora kepada aparat terdekat yaitu desa ataupun kecamatan bila ditemukan gejala PMK pada ternaknya.

“Segera laporkan baik itu sapi, kerbau, ataupun domba, nantinya kita akan segera lakukan penanganan agar dari dinas pertanian dan ketahanan pangan langsung bisa memberikan obat penanganan untuk PMK,” pesannya. (Rez)