oleh

7 Tanda yang Tunjukkan Tubuh Anda Kurang Asupan Zat Tertentu

Kabar6-Tubuh membutuhkan sejumlah kalori setiap harinya untuk menjaga ukuran, metabolisme, kesehatan, dan tingkat aktivitas fisik Anda. Lantas, apa jadinya jika Anda kekurangan kalori? Tentu saja Anda harus menambah asupan makanan.

Kelebihan makan memang bisa menimbulkan obesitas, tapi kekurangan makan dan berat badan terlalu rendah dapat menyebabkan osteoporosis dan patah tulang, sistem kekebalan melemah, infertilitas, malnutrisi, anemia, dan banyak lagi penyakit lainnya.

Nah, bagaimana mengetahui tubuh Anda kekurangan asupan zat tertentu? Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah tujuh tanda yang tunjukkan hal itu:

1. Kelelahan
Kurang mengonsumsi kalori akan membuat Anda merasa lelah secara fisik, mental terkuras, dan kemampuan untuk bermain olahraga dan melakukan tugas-tugas fisik akan turun. Anda akan mudah merasa lelah.

2. Jerawat
Kurang asupan vitamin E akan membuat Anda mudah terserang masalah kulit. Vitamin E melindungi kulit dari peradangan dan paparan sinar UV.

3. Depresi & kecemasan
Kurang asupan makanan juga membuat Anda mudah terserang depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.500 remaja Australia, sekira 62 persen dari mereka yang melakukan diet ekstrem, memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau diet, pastikan mengonsumsi banyak ikan berlemak seperti salmon untuk meningkatkan kadar omega 3 yang dianggap membantu menangkal penyakit mental.

4. Sering sakit
Kalori diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Begitu Anda mulai mengurangi kalori, sistem kekebalan tubuh akan berjuang untuk bekerja seefisien mungkin, yang berarti Anda jadi lebih mungkin sakit.

5. Rambut rontok
Jika mengalami rambut rontok dalam jumlah banyak setiap hari, artinya Anda kekurangan banyak nutrisi yang dapat menjaga pertumbuhan rambut sehat, seperti protein, zat besi, dan biotin.

6. Infertilitas
Saat tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, itu berarti produksi hormon seks jadi terbatas. Keinginan Anda untuk berhubungan seks akan berkurang, siklus menstruasi berubah-ubah, dan tubuh Anda tidak berada di masa terbaik untuk memiliki anak.

7. Selalu merasa kedinginan
Dalam sebuah penelitian terhadap 72 orang dewasa, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kalori memiliki suhu tubuh yang secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang makan lebih banyak. Jadi, kalau Anda sering merasa kedinginan, mungkin tandanya Anda kurang makan. ** Baca juga: Apa Sih Penyebab Betis Jadi Besar?

Mana dari ketujuh tanda itu yang sering Anda rasakan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru