oleh

7 Pasien PDP Covid-19 Mulai Dirawat di RSUD Banten

Kabar6-Sebanyak tujuh orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Provinsi Banten sudah mulai menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah Banten, hari ini, Rabu (25/3/2020).

Mereka ditempatkan di ruang isolasi di gedung RS Banten yang merupakan rumah sakit rujukan milik Pemprov Banten yang ditunjuk untuk menangani pasien covid-19.

Sampai saat ini, pihak rumah sakit masih terus menunggu pasien PDP yang berasal dari 14 RS rujukan lainnya agar bisa dirawat di RS Banten.

“Yang sudah masuk tujuh orang. Saat ini kami sedang menunggu rujukan dari 14 RS,” terang Kadinkes yang juga juru bicara (jubir) Gugus Tugas Covid 19 Pemprov Banten dr Ati Pramudji Astuti, kepada wartawan, Rabu (25/3/2020) petang.

Menurutnya, sebagai RS rujukan pusat covid se-Provinsi Banten, RSUD Banten hanya menerima pasien rujukan PDP yang berasal dari seluruh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten.

Pada tahapannya, lanjut Ati, apabila swab kepada pasien telah dilakukan di RS sebelumnya. Maka, pihak RSUD Banten tidak perlu lagi untuk melakukan pemeriksaan swab ulang, hanya menunggu hasil dari pemeriksaan RS tempat pertama pasien ditujuk. “Kecuali jika pasien yang di rujuk belum dilakukan swab kami yang melakukan swab,” katanya.

**Baca juga: Antisipasi Corona, Polres Serang Kota Siapkan Bilik Disinfektan.

Untuk diketahui, saat ini ada 180 pasien covid-19 di Provinsi Banten, dengan 163 orang masih dirawat dan 17 orang lainnya telah dinyatakan sembuh.

Sedangkan untuk pelaksanaan rapid test sendiri, sambung Ati, pihaknya mengakutelah menerima 3600 alat rapid test yang dikirimkan oleh pemerintah pusat, yang kemudian selanjutnya distrubusikan kepada 8 Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten, dan 1 RSUB lainnya sebagai RS pusat rujukan covid di Provinsi Banten.

“Rapid test ini diprioritaskan untuk PDP, ODP, petugas kesehatan yang kontak erat dengan PDP, masyarakat yang kontak erat dengan kasus konfirm/positip,” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru